Beranda Berita Utama

15 Ribu Pelajar Bogor Pecahkan Rekor MURI

BERBAGI
HARI SUMPAH PEMUDA: Wali Kota Bogor Bima Arya dan Danrem 061/Suryakancana, Kolonel Inf Mirza Agus menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda di GOR Pajajaran, kemarin (28/10). (Meldrick/Radar Bogor)

BOGOR–Lima belas ribu pelajar se-Kota Bogor memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Mereka mengucapkan naskah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Pancasila, dan Sumpah Pemuda tanpa teks dengan jumlah terbanyak tepat pada peringa­tan ke-89 Hari Sumpah Pemuda di Stadion Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, Kota Bogor, kemarin (28/10).

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, pemuda harus berani untuk bersatu karena hal itu sangat penting. Sebab, menurut Bima, saat ini tanpa sadar banyak masyarakat rela dipecah-pecah dan diadu domba.

“Hari ini kita tinggalkan ego kelompok dan ego kepentingan masing-masing, kita kedepan­kan kebersamaan dan persama­an daripada perbedaan,” ujar Bima, kemarin (28/10).

Bima juga menilai saat ini banyak yang lupa filosofi kebangsaan dan masih banyak yang belum mengetahuinya. Teknologi diakui­nya cenderung memisah­kan dan memecahkan.

“Sosialisasi, edukasi, dan advokasi bahaya gadget, bahaya media sosial. Sekarang literasi akan dikuatkan terus sehingga generasi dengan kemampuan literasi yang tinggi itu penting untuk digalakkan di Bogor,” tuturnya.

Selain itu, sebagai pemuda, harus memper­siapkan masa depan dari seka­rang. Masa depan, menurut Bima, harus dijemput dan diham­piri, bukan hanya menung­gu.

“Pemuda harus siap menjem­put masa depan. Karena itu Pemerintah Kota Bogor mem­ban­­tu pemuda agar bisa men­jem­put masa depan,” kata Bima.

Untuk pertama kalinya di Bogor, Pemerintah Kota Bogor memberikan beasiswa kepada 10 putra dan putri Kota Bogor agar kuliah sampai selesai. Dengan beasiswa tersebut, nantinya akan dilakukan evaluasi secara rutin dan melihat prestasi 10 putra dan putri terbaik Kota Bogor ini.

Beasiswa diberikan universitas yang sudah bekerja sama dengan pemkot seperti Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor.

Sementara itu, pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda, kemarin diisi dengan sejumlah kegiatan, di antaranya kuliah umum dari Wali Kota Bogor, Bima Arya yang bertema Generasi Cerdas dan Berkarakter, Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf. Mirza Agus yang membawa tema Wawasan Kebangsaan, dan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dengan tema Generasi Anti­narkoba.

Selain itu, puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga sekaligus penandatanganan perjanjian kerja sama pencega­han penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar Kota Bogor.
Seluruh rangkaian kegiatan itu diakhiri dengan pemben­tukan konfigurasi merah-putih dan menyanyikan sejumlah lagu bertemakan kepemudaan, salah satunya Bangun Pemudi-pemuda.(cr6/c)

Komentar Anda