Beranda Metropolis

Peringati Maulid dan Haul KH Abdullah bin Nuh

BERBAGI

BOGOR–Pada 26 November mendatang akan menjadi puncak peringatan perayaan Maulid Nabi di Yasayan Islamic Centre ( YIC) Al-Ghazaly Bogor. Acara tersebut akan dibarengi dengan kegiatan haul ke-31 almarhum Mama KH Abdullah bin Nuh
dan haul ke-7 almarhumah Ajengan Mursyidah binti KH Abdullah Sayuti.

Koordinator lapangan Turmudi menerangkan, rangkaian kegiatan akan dimulai sedari 19 November. Diawali dengan khitanan massal dengan sasaran 50 anak. Kemudian di 23 November, seluruh santri YIC Al-Ghazaly yang jumlahnya mencapai 2.700 akan secara bergiliran melakukan sima’an Alquran. “Lalu tanggal 24 November, bersama-sama ziarah kubro,” pungkasnya.

Nah, pada keesokan harinya atau 25 November, kemeriahan bakal berlanjut dengan long march atau pawai menyambut Maulid Nabi dan Haul Ajengan.“Ya, long march itu juga sekaligus memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada Haul Ajengan, dan barulah di 26 November jadi puncak acara,” ujarnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sambung Turmudi,puncak acara kali ini dilakukan serentak, baik itu murid maupun jamaah Abdullah bin Nuh. “Salah satunya adalah memberikan tausiyah atau menyampaikan cerita tentang siapa Mama Abdullah bin Nuh, sebagai suri tauladan kita bersama dan sosok pejuang,” jelasnya.

Turmudi menerangkan, haul Mama Abdullah bin Nuh juga Ajengan Mursyidahbukan berarti mengultuskan, melainkan lebih untuk menghargai sosoknya yang patut dijadikan suri tauladan.“Beliau adalah pahlawan,ulama yang karya-karyanya dikenal bahkan hingga luar negeri,” tandasnya.(wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga