Beranda Pendidikan

Hidupkan Literasi lewat Peringatan Bulan Bahasa

BERBAGI
HIDUPKAN LITERASI : Kemarin (26/10), Smanic Bogor peringati bulan bahasa di lingkung

Dalam memperingati Bulan Bahasa yang nanti jatuh pada 28 Oktober mendatang sekaligus Gerakan Literasi Sekolah, SMAN 1 Ciawi (Smanic) Bogor menggelar serangkaian lomba literasi sastra yang yang diperuntukan bagi siswa-siswi SMAN 1 Ciawi Bogor. Serangkaian lomba tersebut meliputi lomba baca puisi, resensi buku, membuat cerpen, hingga story telling. Wakasek Bidang Kurikulum Smanic Bogor, Lukman Hidayat, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas karya literasi dan kecintaan bahasa indonesia di kalangan siswa.

“Siswa sekarang kan terlalu gemar menggunakan gadget ya saat ini. Nah, lewat kegiatan ini kita ingin mendorong siswa-siswi untuk mengurangi kebiasan tersebut dengan menggelar kegiatan berkaitan dengan sastra untuk membudayakan membaca melalui perlombaan,” ungkapnya. Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi langkah awal dalam menghidupkan literasi di SMAN 1 Ciawi Bogor sebagai sekolah rujukan. “Kita adapula progam Pojokpustaka, dimana setiap kelas memiliki perpustakaan masing-masing yang persediaan bukunya dikumpulkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Ciawi Bogor. Ada pula, setiap paginya kami juga memberikan waktu selama dua puluh menit untuk membaca dan membuat resume kepada siswa sebelum memulai kegiatan belajar mengajar dalam membudayakan kebiasaan membaca ini,” imbuhnya.

Lanjut Lukman, harapannya dengan kegiatan Bulan Bahasa ini siswa-siswi SMAN 1 Bogor bisa lebih cinta terhadap Indonesia dan meningkatkan budaya baca bagi siswanya. Selain itu, budaya baca yang dijalankan saat ini nantinya kedepan bisa diterapkan di setiap mata pelajaran siswa. “Kegiatan ini semoga bisa meningkatkan rasa nasionalisme serta meningkatkan dan menguatkan budaya baca, khususnya literasi sastra, bagi siswa-siswi Smanic Bogor,” ungkapnya. (don/wira)

 

Komentar Anda

Baca Juga