Beranda Metropolis

Taman Kota Penuh Sampah

BERBAGI
BANYAK SAMPAH: Kondisi taman bermain di Ciremai Ujung, Kelurahan Bantarjati, sangat memprihatikan. Selain tidak terurus, banyak sampah berserakan di mana-mana. (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR–Kehadiran Taman Sempur dan sejumlah taman anyar lainnya, tampaknya membuat keberadaan Taman Ciremai Ujung, Kecamatan Bogor Utara, terping­girkan. Buktinya, sampah dibiarkan begitu saja menumpuk di sekitar bangku maupun permainan anak-anak.

Kasi Pemeliharaan Taman pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Erwin Gunawan, tak menampik soal kondisi Taman Ciremai Ujung yang berserakan sampah.

Menurutnya, kondisi tersebut karena minimnya jumlah tempat sampah. Dia juga mengeluhkan jumlah petugas keamanan taman (Park Ranger) yang masih minim.

“Memang itu kita jadwalkan satu grup dengan Taman Ken­cana dan Taman Sempur untuk perawa­tannya. Cuma kalau di situ berkala. Setiap habis Sabtu atau Minggu, kita akui masih banyak sampah. Kemarin sudah kita cek, juga masih kekurangan tempat sampah dan pagar ada yang rusak,” jelasnya ketika dikonfirmasi, kemarin (23/10).

Konsentrasi pengawasan Taman Ciremai Ujung memang sempat terpecah lantaran dua taman lainnya yang tak kalah penting untuk diawasi. Namun, kekurangan personel tentunya tidak bisa dijadikan alasan.

“Konsentrasi kami memang terpecah ke wilayah Sempur dan Taman Kencana, karena petugasnya juga terbatas,” terangnya.

Erwin mengatakan, sebenarnya tahun ini taman tersebut sempat masuk dalam rencana revita­lisasi. Tapi, karena ada pemo­tongan anggaran, pelaksanaan revitalisasinya ditunda menjadi tahun 2018 mendatang. “Sudah kami masukkan ulang untuk revitalisasi pada tahun depan,” tandasnya.(rp1/c)

 

Komentar Anda