Beranda Ekonomi

Produk Premium Ramaikan Pasar Akhir Tahun

BERBAGI

JAKARTA– Peluncuran seri-seri produk spesial dilakukan agen pemegang merek otomotif untuk menjaga market agar tetap bergairah. Produk tersebut diandalkan untuk menggenjot permintaan otomotif pada akhir tahun.

Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek Honda mobil di Indonesia termasuk cukup sukses menarik minat pasar dengan produk special edition. Honda Civic Type R yang diperkenalkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 sukses mencatatkan penjualan 65 unit. Semula, targetnya hanya 50 unit.

’’Kami memang sangat optimistis dengan pasar mobil sport premium seperti ini di pasar nasional. Itu terbukti. Antusiasme tersebut juga kami rasakan dari tingkat pemesanan Honda Civic Type R yang sangat luar biasa dalam waktu singkat,’’ kata Direktur Marketing Honda Prospect Motor Jonfis Fandy saat penyerahan perdana Honda Civic Type R.

Jonfis menyebutkan, penjualan 65 unit itu menyebar di hampir seluruh kota di Indonesia. ’’Kalau meluncurkan produk baru itu kan sudah ada timeline-nya. Jadi, yang bisa dilakukan produsen adalah meluncurkan edisi spesial untuk me-refresh market. Peminatnya dari berbagai kota selalu ada saja,’’ tuturnya.

Menurut pihak Honda, saat ini konsumen bahkan harus rela bersabar menunggu unit pesanan mereka. Sebab, jatah pengiriman dari Jepang untuk Indonesia hanya 50 unit hingga akhir tahun nanti. Padahal, yang sudah terpesan total 65 unit. ’’Mobil ini sudah siap dikirim secara bertahap kepada konsumen di seluruh Indonesia.

Jatahnya memang cuma 50 unit tahun ini sehingga pengiriman 15 unit tambahannya dialihkan ke 2018,’’ ucap Jonfis. Pihaknya bakal berusaha memenuhi permintaan konsumen secepatnya.

Langkah serupa dilakukan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia. Mazda memperkenalkan produk edisi spesial, yakni mobil sport dua pintu Mazda MX-5 RF. EMI mengatakan, hingga akhir tahun ini ketersediaan stok MX-5 RF sekitar 100 unit. Sebanyak 15 unit di antaranya sudah dipesan dalam ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. ’’Dari pesanan itu, kami akan delivery hingga akhir bulan ini. Kebanyakan pemesan dari Jakarta,’’ ujar Presiden Direktur EMI Roy Arman Arfandy.

Direktur Sales, Marketing, & PR PT EMI Ricky Thio menambahkan bahwa PT EMI menargetkan penjualan 6 ribu unit hingga akhir tahun. ’’Harapannya nanti di November-Desember pasokan produk akan datang lebih banyak lagi sehingga tidak ada masalah mengenai suplai unit. Hingga September, PT EMI sudah menjual produk Mazda sekitar 3 ribu unit,’’ ungkapnya. (agf/c15/fal)

Komentar Anda