Beranda Pendidikan

Kemeriahan Borcess Music Award, Penghargaan Pertama Sineas Muda SMK Taruna Terpadu 1

BERBAGI

KREATIF: Siswa saat tampil pada ajang Borcess Music Award di SMK Taruna Terpadu 1 Borcess. (Rani/Radar Bogor)

Kepala SMK Borcess 1 Supriyatna memaparkan, Borcess Music Award merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada sineas muda, pelajar terbaik yang berada di lingkungan Borcess 1, khususnya anak-anak broadcasting.

Kebetulan Borcess 1 me­nerapkan moto Jawara, Juara, Kabisa. Jawara, kata Yatna, sapaan akrabnya, meliputi sarana dan prasarana yang menjadi tanggung jawab yayasan, seperti adanya fly fox saat ini di Borcess 1.

Sedangkan juara, menjadi tanggung jawab dirinya sebagai kepala sekolah dalam memberikan program studi banding keluar negeri, beasiswa bagi anak-anak berprestasi, bidik misi, dan sejenisnya.

“Nah, kalau kabisa itu meliputi guru. Kegiatan Borcess Music Award merupakan program yang termasuk dalam kabisa. Di mana, guru bahasa Indonesia, PLH serta SBK bergabung menyelenggarakan kegiatan ini,” jelas Yatna kepada Radar Bogor.

Borcess Music Award merupakan penghargaan kepada anak-anak broadcasting dari kelas 1 hingga kelas 3 yang telah membentuk sebuah tim sebanyak 18 kelompok dan masing-masing membuat sebuah hasil karya. Ada arransement lagu, menciptakan lagu juga videoklip yang benar-benar murni hasil karya anak tanpa ada mencontoh musisi yang sudah ada.

Mereka mengunggahnya ke sosial media masing-masing dan mencari like, suscribe dan retweet terbanyak untuk memenangkan award ini. “Jadi bukan guru atau seorang juri, tapi kami murni benar-benar melihat like, suscribe itu. Siapa paling banyak, ya mereka yang menang,” tuturnya.

Kata Yatna, ada 30 nominasi yang saat itu diberikan kepada 200 peserta yang terbagi menjadi 18 kelompok. Ini menjadi tolok ukur bahwa seharunya memang ke depan anak muda yang banyak berkarya.

Artinya, lanjut dia, pola pendidikan saat ini sudah dan harus berubah. Anak tidak lagi harus belajar secara monoton di dalam kelas. Mereka belajar kreatif di jam-jam luar pelajaran, tetapi bukan menghilangkan salah satu jam mata pelajaran. Namun, membuat sebuah program yang berada di luar jam pelajaran. “Lebih diarahkan kreatif dan inovatif,” tukasnya.

Selain penampilan-pe­nampilan anak didiknya yang juara, saat Borcess Music Award pun mengundang bintang tamu artis papan atas tanah air, yaitu Fade 2 Black sebagai pengisi acara pertama yang akan diagendakan tahunan itu.(/c)

Baca Juga