Beranda Pendidikan

Kementerian Keuangan Mengajar di SD

SEMANGAT: Siswa SDN Sukadamai 3, Kota Bogor, kedatangan tamu dari program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar, kemarin (23/10). (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR–Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus meningkatkan kepedulian sosial berbasis kesukarelaan dengan melakukan kegiatan Kemenkeu Mengajar. Kemenkeu Mengajar menjadi kegiatan yang dilakukan relawan mengajar untuk mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang ada dalam Kemenkeu kepada siswa sekolah dasar.

Koordinator Kemenkeu Mengajar Kota Bogor, Ismadi Triantoro mengatakan, relawan mengajar merupakan pegawai yang bekerja di instansi yang dibawahi Kemenkeu di Kota Bogor.

“Mereka mengalami proses perekrutan, dan betul-betul didasari oleh kesukarelaan, karena panitia tidak memungut biaya apa pun pada sekolah dan pegawai yang ikut kegiatan ini tidak mendapatkan bayaran apa pun,” tuturnya.

Ismadi menuturkan, relawan ber­peran sebagai guru bagi anak SD untuk sehari dan bertanggung jawab mengenalkan tentang profesinya. “Anak-anak SD juga diajarkan sekilas mengenai keuangan negara dan kemudian me­ngajak anak-anak berkontribusi untuk negeri,” jelasnya.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar ini merupakan salah satu program tahunan dari Kemenkeu untuk memperingati Hari Keuangan RI pada 30 Oktober. “Hari ini tiga SD yang jadi sasaran kami, ada SDN Sukadamai 3, SDN Bantarjati 9, dan SDN Semeru 1,” terangnya.

Kepala SDN Sukadamai 3, Zaenal Abidin mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan membantu sekolah agar para murid mendapat informasi dan pelajaran mengenai nilai-nilai yang ada di Kemenkeu, yang belum pernah diajarkan sebelumnya kepada murid. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sebagai bahan informasi dasar bagi mereka ketika nanti mereka dewasa,” bebernya.

Zaenal menyebutkan terdapat 28 kelas, dari kelas 1 hingga kelas 6 yang mendapatkan pengajaran dari relawan Kemenkeu Mengajar. “Harapan saya kegiatan seperti ini tidak hanya terdapat di SDN Sukadamai 3, tetapi di SD lainnya juga di Kota Bogor, dan bisa dicontoh oleh instansi lainnya agar murid SD khususnya bisa mengenal profesi dan pekerjaan seseorang lebih dekat lagi,” harap Zaenal.

Salah satu relawan Kemenkeu Mengajar, Aan Almaidah menuturkan, ke­tersediaannya menjadi relawan didasari pada keinginannya menyelamatkan Indonesia dengan pembentukan karakter sejak dini.(cr1/c)

Baca Juga