Beranda Metropolis

Alumni Smansa Luncurkan Mobil Sehat Keliling

BERBAGI
DISERBU: Layanan mobil sehat keliling dari alumni SMAN 1 Bogor diserbu warga di CFD. ilustrasi

BOGOR–Bersinergi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Yayasan Juanda Satu Enam meluncurkan mobil sehat di kawasan tanpa kendaraan bermotor (CFD), Minggu (22/10).

Yayasan Juanda Satu Enam merupakan bentukan beberapa alumni SMAN 1 (Smansa) Kota Bogor dari lintas angkatan, yang sama-sama memiliki visi misi untuk memberikan kontribusi konkret kepada masyarakat Kota Bogor.

Ketua Yayasan Juanda Satu Enam, Hania Rahma menga­takan, mobil sehat ini nantinya akan digunakan sebagai mobil sehat keliling sekaligus ambu­lans. Mobil sehat tersebut akan keliling ke kampung-kampung yang belum terakses pelayanan kesehatan, serta mempunyai permasalahan kesehatan.  “Rencananya mulai November, setiap bulannya keliling ke kampung-kampung. Saat ini kami masih harus mendata mana saja kampung-kampung tersebut,” ujarnya.

Ia menuturkan, di mobil sehat ini ada banyak pelayanan kese­hatan. Mulai donor darah, pe­me­riksaan kesehatan, konsultasi kesehatan dan gizi, konsultasi mental, pengobatan gigi dan mata, hingga penyulu­han gaya hidup sehat. “Dokter yang mena­ngani yakni dari anggota yayasan yang memang berke­cimpung di dunia kesehatan,” terangnya.

Menurutnya, masalah keseha­tan yang belum terselesaikan yakni tentang pengetahuan hidup sehat dan pencegahan dari penyakit yang belum dipa­hami warga. Padahal, mayo­ritas warga tidak mampu itu peker­jaannya masih serabutan.

Sebut saja tukang ojek, tukang becak, tukang bangunan, yang hanya mendapatkan upah harian. “Kalau mereka sakit, kan otomatis tidak bisa cari nafkah untuk keluarganya. Makanya, kami juga akan menyo­sialisasikan terkait bahaya merokok agar mereka mau berhenti merokok,” imbuhnya.

Hania menambahkan, pada kegiatan soft launching di CFD sudah terlihat animo warga. Sekitar 300 warga yang hadir di CFD datang ke mobil sehat untuk tes kesehatan gratis. Tak ayal, dirinya berharap kegiatan ini bisa di-support Dinas Kesehatan Kota Bogor, minimal dua minggu sekali di CFD. “Tapi, kami sudah ada rencana, 16 Desember kembali hadir di CFD,” tandas Hania.(wil/c)

 

Komentar Anda

Baca Juga