Beranda Berita Utama

Waspada Lowongan Tipu-Tipu

SIAPA bilang penyebar hoax pada era digital ini tidak mau keluar duit? Hanya mengandalkan blog dan domain gratisan? Penyebaran hoax dengan memanfaatkan iklan-iklan lowongan berbayar di koran pun ada.

Itulah yang terjadi pada lowongan pekerjaan palsu yang mencatut nama PT Semen Indonesia. Lowongan hoax tersebut dipasang di sebuah koran yang berbasis di Jakarta pada Sabtu (21/10), tepatnya di halaman 28. Bentuknya iklan display. Tentu biaya pemasangan iklan itu juga tidak sedikit.

Dalam lowongan palsu tersebut disebutkan bahwa Semen Indonesia membutuhkan pegawai de­ngan posisi staf administrasi, assistant manager, analis kimia dan pengolahan, serta technical trai­nee program. Jika tidak detail me­ngamati iklan tersebut, kepal­suannya sulit ditemukan.

Iklannya dibuat meyakinkan karena dimulai dari penjelasan tentang profil perusahaan. Si pembuat iklan rupanya sering mencermati susunan iklan lowongan yang dibuat Semen Indonesia. Namun, keanehan dari iklan itu bisa dideteksi dari alamat pengiriman lamaran. Ada e-mail tidak resmi yang dicantumkan si pembuat lowongan. Yakni, [email protected]

Berdasar penelusuran melalui aplikasi e-mail chec­king, ternyata e-mail itu tidak aktif. Domain dari e-mail tersebut adalah asia.com. Asia.com ternyata hanya sebuah situs travel service.

Semen Indonesia melalui akun-akun media sosialnya yang telah terverifikasi menya­takan bahwa iklan itu hoax. ’’Hati-hati! Lowongan rekrutmen palsu atas nama PT Semen Indo­nesia (Persero) Tbk di harian Kompas 21 Oktober 2017 halaman 28. Kami mengimbau masyarakat berhati-hati karena lowongan tersebut tidak benar (palsu),’’ tulis Semen Indonesia.(gun/eko/c14/fat)

Baca Juga