Beranda Pendidikan

Uniknya Wisuda Sangkuriang Maritim Hotels Insitute

SEREMONI: Wisuda Sangkuriang Maritim Hotels Insitute (SMHI) di Hotel Grand Savero.

Ada yang beda pada wisuda Sangkuriang Maritim Hotels Insitute (SMHI) di Hotel Grand Savero, Bogor, akhir pekan lalu. Pihak kampus mendatangkan langsung agen kapal pesiar, sehingga wisudawan dapat langsung melakukan interview atau wawancara.

Laporan: Omer Ritonga

Sangkuriang Maritim Hotels Insitute mewisuda mahasiswa periode ke-2 tahun ini. Ada 55 orang yang berasal dari SMHI Bogor dan Sukabumi program studi Diploma I dan III baik itu dari akomodasi perhotelan maupun culinary.

Direktur Marketing dan Instruktur, Indra Setiawan mengatakan, setiap wisuda, kampus bekerja sama dengan berbagai agen kapal pesiar. Tujuannya agar para wisudawan dapat langsung melakukan wawancara agar bisa bekerja di kapal pesiar.

“Agen akan memilih dan menyeleksi wisudawan kami setelah acara berlangsung. Baik itu akomodasi perhotelan atau culinary,” kata Indra kepada Radar Bogor, di sela acara di Hotel Grand Savero, akhir pekan lalu.

Nantinya, mereka yang mampu mengikuti seleksi dari dua agen tersebut akan langsung direkrut dan disalurkan ke kapal-kapal pesiar sesuai bidang keahlian yang dimiliki. Booth atau stand dari dua agen kapal pesiar tidak hanya diperuntukkan untuk alumni SMHI saja, tetapi juga dibuka untuk umum.

Sebelum wisuda, kampus sudah membuka informasi secara terbuka untuk masyarakat. “Siapa pun bisa work interview. Siapa pun bisa punya peluang kerja di kapal pesiar,” tambahnya.

Director SMHI, Theo George mengatakan, selama sepuluh tahun sejak 2007, SMHI sudah meluluskan 527 orang. Dari jumlah tersebut 29 persen sudah bekerja di kapal pesiar, 58 persen di hotel sisanya membuka usaha dan bidang lainnya. “SMHI sudah memiliki sertifikat kopetensi bekerja. Lebih memudahkan alumni mendapatkan pekerjaan,” jelas George.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Shahlan Rasyidi mewakili Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, lulusan SMHI yang bekerja di kapal pesiar dan luar negeri diharapkan bisa memperkenalkan Bogor dan Jawa Barat secara umum. “Bisa bawa Bogor dan Jabar secara umum lebih mendunia,” kata Shahlan.(/c)

Baca Juga