Beranda Pendidikan

Kemendikbud Sediakan CPNS GGD 2018

BERBAGI

JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Ke­budayaan (Kemendikbud) akan kembali menyiapkan formasi CPNS Guru Garis Depan (GGD) 2018. Sekteratis Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Nurzaman mengatakan, kuota CPNS GGD 2018 direncanakan berjumlah 2.086 orang.

“Jumlah formasinya tidak sebanyak tahun ini,” kata Nurzaman, belum lama ini. Kemendikbud juga akan lebih mengakomodasi putra-putri daerah untuk rekrutmen CPNS GGD 2018.

Sementara itu, awal September lalu sebanyak 6.296 CPNS GGD resmi dilepas oleh Kemendikbud. Klausul baru penempatan GGD seluruh guru harus berada di sekolah penempatan minimal sepuluh tahun. Namun, ada beberapa peserta CPNS GGD yang mundur di awal tugas.

“Tujuan GGD adalah untuk pemerataan kualitas pendidikan. Di sejumlah sekolah yang terpencil, jumlah gurunya kurang. Kalaupun ada guru PNS, tidak setiap hari berada di sekolah,” kata Nurzaman.

Selain itu, terkait penolakan GGD oleh warga setempat, menurutnya mungkin didasari ketidaktahuan. Sebab, kata dia, program penempatan GGD, termasuk kuotanya, hasil kesepakatan pemda dengan Kemendikbud. “Bukan Kemendikbud serta-merta menempatkan orang di suatu daerah,” sambungnya.

Dia juga menegaskan putra-putri daerah berhak mengikuti seleksi CPNS GGD. Jika hasilnya memenuhi kriteria, maka bisa lolos menjadi CPNS GGD.(wan)

Komentar Anda