Beranda Olahraga Kickers

Preview Persela vs Persib: Cari Aman

BERBAGI
Jose Coelho dan pemain Persela lainnya siap tempur menghadapi Persib Bandung

LAMONGAN –Walau berada di peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1, Persela Lamongan belum dipastikan aman dari ancaman zona degradasi. Terpaut 8 poin dari peringkat teratas zona degradasi Perseru Serui, Laskar Joko Tingkir -julukan Persela- tetap harus waspada di empat pertandingan sisa hingga akhir musim ini.
Berdasarkan hitungan, Perseru Serui masih mungkin bisa merengsek naik. Poin Persela saat ini 36, sedangkan Perseru 28. Jika Cendrawasih Jingga -julukan Perseru- bisa menyapu bersih empat laga sisa, poin maksimal yang bisa didapat adalah 40. Samsul Arif dkk dipastikan tidak terdegradasi jika bisa menyentuh poin lebih dari 40.

Empat laga sisa jadi pertaruhan tim kebanggaan Kota Soto. Dua laga home dan away akan dilakoni. Sore nanti salah satu laga home di Stadion Surajaya bakal dihelat. Lawannya adalah Persib Bandung, tim bertabur bintang yang sedang dalam kondisi minus karena tidak pernah menang dalam tujuh pertan­dingan terakhir.

Karena itu, Pelatih Persela Aji Santoso sadar pertan­dingan sore nanti sangat penting untuk timnya. Jika berhasil menang, paling tidak hampir 100 persen Persela akan bertahan di Liga 1 musim depan. ”Ini menentukan aman atau tidak dari zona degradasi. Jadi pemain harus fight dengan segala kemam­puannya,’’ tegasnya.

Begitu pentingnya laga ini, Aji dengan sengaja menghemat kekuatan dua pemain andalannya saat Persela dikalahkan Borneo FC pada 19 Oktober lalu. Eka Ramdani dan Agung Pribadi ditarik keluar di babak kedua agar tidak kelelahan. Kedua pemain itu diharapkan bisa fit saat melawan Maung Ban­dung, julukan Persib.

Apalagi, kedua pemain adalah pernah berkostum biru Persib. Aji pun tidak menampik akan meng­andalkan penuh kekuatan keduanya untuk mem­bongkar susunan pemain bintang sang tamu. ”Eka dan Agung bagian dari taktik untuk mengalahkan Persib,’’ jelasnya.

Persela memang sangat percaya diri menatap laga sore nanti. Statistik menyebut, sang tamu selalu kesulitan tatkala bermain di hadapan publik Lamongan. Yang paling baru saat edisi Indonesia Soccer Championship 2016 lalu, Persib ditaklukkan 1-2 di Stadion Surajaya, Lamongan pada 26 November lalu. ”Saya akan pertahankan rekor itu, Persib tidak boleh menang di Lamongan,’’ tegas mantan pelatih Arema FC itu.

Jika menang, Persela memang hanya butuh setidaknya dua poin untuk memastikan diri lolos dari zona degradasi. Tiga poin kemungkinan besar bisa diraih di laga home saat menjamu Persiba Balikpapan (5/11). Sebab, selama diarsiteki oleh Aji sejak 10 September lalu, Persela tidak terkalahkan selama bermain di Stadion Surajaya. Tiga pertandingan, semua berakhir dengan kemenangan.

Atau Persela juga tetap lolos usai mengalahkan Persib sore nanti. Tanpa perlu menunggu laga home meladeni Persiba. Syaratnya, Perseru yang juga bertanding sore nanti gagal menang menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Marora, Serui. Dengan begitu, Poin maksimal yang bisa diperoleh Perseru hanya 36.

Aji pun masih belum bisa menurunkan Fahmi Al Ayyubi dan Kosuke Uchida. Ivan Carlos juga masih dilihat kondisinya, apakah dijadikan starter ataupun pemain pengganti. ‘’Yang jelas, semua pemain lain sudah sangat siap. Saya berharap anak-anak bisa konsentrasi penuh. Persib tidak mudah dikalahkan, jadi harus waspada,’’ harapnya.
Sementara itu, Persib datang ke Lamongan juga membawa misi kebangkitan. Asisten Pelatih Persib Herrie Setiawan ingin meraih hasil maksimal sore nanti.

Delapan belas pemain termasuk marquee player Michael Essien diboyong untuk diturunkan pada pertandingan sore nanti. ”Kami tidak akan menganggap enteng Persela, walaupun posisi di klasemen tidak berbeda jauh,’’ terangnya. Persib berada di posisi 11, sedangkan Persela di posisi 13.

Herrie juga mewaspadai kecepatan striker Persela Samsul Arif. Dia mengakui sang pemain punya kecepatan, skill, dan pintar dalam mencari celah di lini pertahanan lawan. Karena itu, secara khusus, Herrie sudah menyiapkan strategi untuk menjaga ketat Samsul agar tidak berkutik melawan Persib. ”Pemain lainnya juga tetap kami waspadai. Intinya kami tidak mau main-main karena tetap ingin beri yang terbaik untuk Persib,’’ tegasnya.(rid)

Komentar Anda