Beranda Olahraga Arena

Marc Marquez Hapus Mimpi Buruk

BERBAGI
DI DEPAN LAGI: Bintang Repsol Honda, Marc Marquez merayakan keberhasilannya menempati posisi start terdepan pada kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, kemarin. Inset, pembalap Suzuki Andrea Iannone terjatuh pada latihan bebas ketiga.

PHILLIP ISLAND – Sekali lagi, bintang Ducati Andrea Dovizioso butuh keajaiban untuk bisa memenangi MotoGP Australia hari ini (live Trans 7 pukul 12.00 WIB). Pada sesi kualifikasi kemarin, pemuncak klasemen dan juara bertahan Marc Marquez sukses menyabet pole position ketujuh musim ini atau keem­pat secara beruntun di Sirkuit Phillip Island. Sementara itu, Dovizioso tercecer di urutan ke-11. Itu adalah jarak yang cukup jauh untuk bisa dikejar.

Bencana bagi Dovi datang pada sesi latihan bebas terakhir. Dia mengalami kecelakaan keras di lintasan menurun menuju tikungan 10. Tubuhnya terseret keras di atas aspal hingga terlempar ke luar lintasan.

Akibat insiden tersebut, rider 31 tahun itu meng­aku kehilangan feeling di atas Desmosedici. Dam­­paknya, dia melaku­kan kesalahan hingga tiga kali saat mendapatkan lap tercepatnya pada sesi kualifikasi. Pada akhirnya, Dovi hanya mampu men­catat waktu 1 menit 28,719detik. Catatan itu lebih lambat 1,110 detik di belakang pemegang pole Marc Marquez.

’’Saya kehilangan keper­cayaan diri setelah kecelakaan. (Tapi) saya mam­pu mencatatkan waktu yang lebih baik (dari FP4), jadi tidak ada alasan,’’ ungkap rider Italia tersebut setelah kualifikasi.

Meski begitu, Dovi tetap yakin pace balapan akan sangat ber­beda dengan saat kualifikasi. Kini, Dovi akan kembali berharap pada kondisi cuaca yang cepat berubah di Phillip Islandk. Kemarin hujan sempat mengguyur sirkuit. Menurut perkiraan cuaca, kondisi tersebut bakal berlanjut hari ini. Trek basah bisa membantu Dovi untuk memak­simalkan potensi motornya. Seperti terjadi di MotoGP Jepang Minggu (15/10), Dovi yang start dariposisi kesembilan akhir nya bisa mengalahkan Marquez yang memulai lomba dari grid ketiga.

Marquez sendiri mengaku start dari pole position sangat penting untuk menghadapi balapan krusial seperti hari ini. Sebab, target terbesarnya adalah finis di depanDovidan memper­lebar jarak di klasemen.

’’Dovi start dari posisi ke-11. Tapi, di Motegi dia start dari posisi ke-9 dan sudah berada di belakangku pada lap keempat. Jadi, kita akan lihat. Di sini, situasinya sedikit berbeda dan juga bergantung pada cuaca,’’ terang Marquez.

Yang juga mengkhawatirkan rider 24 tahun tersebut adalah bintang Movistar Yamaha Maverick Vinales yang akan start di posisi kedua dan rider Tech3- Yamaha Johann Zarco yang akan memulai lomba di posisi ketiga. Keduanya punya pace balap yang tangguh. Marquez juga memprediksi, suhu trek yang bakal menurun drastis bisa ber­dampak buruk pada balapan. (cak/c17/nur)

Komentar Anda

Baca Juga