Beranda Kuliner

Mangga Tak Hanya Buah untuk Dessert

BERBAGI
Asam Mangga Iga Sapi

Setelah demam masakan serbakeju dan matcha, kini giliran mangga. Buah tropis itu kerap disajikan dalam bentuk jus dengan aneka topping. Nah, mumpung sedang musim, tidak ada salahnya mencoba menu berbahan mangga sendiri.

TAK banyak orang yang mengkreasikan mangga dalam masakan. Paling pol, mangga diolah menjadi jus atau dicampur dengan puding. Jika ada, biasanya berupa mangga muda yang dijadikan sambal atau rujak. Well, tidak salah sih. Sebab, dimakan apa adanya saja, mangga sudah sangat enak. Apalagi yang masak pohon dan baru dikeluarkan dari kulkas. Hmmmm….

’’Mangga bisa dicampur dengan berbagai masakan. Sebagian besar buah bisa dijadikan bahan makanan untuk menambah rasa dan tekstur,’’ ungkap Chef Arman Karomi, chef de partie Java Paragon Hotel, Surabaya. Dia menje­laskan, mangga masak bisa memberikan rasa manis dan asam yang segar pada masakan.

Cita rasa setiap jenis mangga berbeda. Ada yang asamnya kuat, ada pula yang manisnya dominan. Misalnya, mangga gadung. Nah, untuk dicampur dengan masakan, Arman menyarankan jenis mangga gadung atau arumanis. Keduanya memiliki tekstur daging yang bagus dan tebal. ’’Selain itu, tidak terlalu berair. Jadi, kalau dimasak, tidak akan benyek,’’ terang Arman.

Dragon roll mangga

Dia melanjutkan, mangga paling klop disajikan untuk bumbu atau pendamping masakan berbahan ikan. ’’Meski merupakan buah eksotis, mangga tetap bisa ditambahkan di hidangan selain Asia atau dessert. Buktinya, banyak olahan yang memakai saus mangga,’’ ucapnya.

Untuk resep kali ini, salah satu kreasi Arman adalah mangga sebagai padanan menu iga. Mangga diolah sebagai bagian bumbu, tapi tidak dimasak bersamaan supaya teksturnya tidak benyek. Agar terasa fresh, ditambahkan garnish daun ketumbar.

Selain itu, mangga bisa dipadankan dengan sushi. Irisan tipis mangga menggantikan alpukat di bagian luar. ’’Rasanya lebih segar dan juicy, tapi tetap ’masuk’ dengan isiannya,’’ jelas pria yang menekuni dunia chef sejak akhir 1998 tersebut. Untuk minuman, ada menu mango blast.

Olahan itu mudah dibuat dan bersahabat bagi mereka yang kurang menyukai minuman manis. Untuk acara yang lebih spesial, mangga bisa dibuat sebagai martini. Vodka mango ditambah dengan cointreau, yaitu liqueur dengan aroma dan rasa jeruk yang kuat. Supaya lebih ringan, ada tambahan jus jeruk serta simple syrup. Nah, selamat mengolah mangga di rumah!(fam/c18/na)

Komentar Anda