Beranda Olahraga Kickers

Kans Terakhir Koeman

Laga melawan Arsenal jadi pembuktian Roenald Koeman sebagai pelatih Everton

LIVERPOOL–Sudah tiga pekan terakhir Ronald Koeman masuk daftar teratas pelatih Premier League yang terancam dipecat. William Hill pun sudah memberi koefisien 7/1 peluang Koeman angkat kaki dari Everton. ESPN pun menyebut kesempatan terakhir Koeman bakal jatuh malam nanti WIB.

Tepatnya ketika menjamu Arsenal di Goodison Park, Liverpool (siaran Langsung beIN Sports 1 pukul 19.30 WIB). Maklum, Koeman tak pernah memberi kemenangan untuk Everton sejak hampir sebulan lalu, saat mengalahkan Bour­nemouth 2-1 di pekan keenam, 23 September lalu.

Dalam 12 laga terakhir, Everton hanya dua kali menang. Dilansir Mirror, Koeman hanya bisa menga­nggap tekanan ini masih dalam tahap kewajaran. ”Begitu susah memenangi laga, itu (tekanan) pasti akan datang ke arah pelatih,’’ ungkap pelatih yang baru semusim berada di kursi panas pelatih Everton itu.

Kali terakhir, Koeman pernah dipecat itu saat dirinya diberhentikan AZ Alkmaar pasca 7 kali kalah dari 16 laga Eredivisie, musim 2009-2010 silam. ”Jika Anda tak menyukainya, maka Anda harus mencari pekerjaan lain. Jangan jadi pelatih,’’ seloroh pelatih yang baru mencatatkan 42,11 persentase menang di Everton itu.

Bek Everton Ashley Williams dalam situs resmi klub mengungkapkan, dia dan rekannya di The Toffees tidak ingin Koeman meninggalkan Finch Farm –kamp latihan Everton– musim ini. Williams pun menegaskan, dia akan bermain demi Koeman. ”Kami semua menyu­kainya, di sini kami ingin memenangi laga untuknya, dia bagian dari kami,’’ klaim bek baru Everton itu.

Williams menyebut bukan cuma Koeman yang under pressure. ”Kami semua pun berada di bawah tekanan. Tetapi kami coba mengek­spresikannya dengan performa bagus,’’ tambah bek timnas Wales itu. Di sisi lain, Arsene Wenger sebagai pelatih Arsenal pun juga menilai Koeman tak layak untuk dipecat lebih awal.(ren)

Baca Juga