Beranda Traveling

Asyiknya Liburan ke Sawarna

BERBAGI
Eksotis: Pemandangan pantai pasir putih di Sawarna. Foto merupakan (dokumentasi pribadi Tulus Muliawan)

Sawarna makin dikenal wisatawan. Tempat yang indah dan banyaknya pilihan spot wisata, menjadi faktor utama pesatnya perkembangan Sawarna. Sejak mulai dikenal sebagai desa wisata sekitar tahun 2005, Sawarna selalu menjadi destinasi favorit para pelancong setiap musim libur tiba. Kecantikan pantai-pantai yang membentang di Sawarna bagaikan magnet yang menarik perhatian para wisatawan.

Setidaknya ada 5 pantai di tempat ini yang keindahannya selalu diburu para wisatawan. Ke – 5 pantai itu di antaranya adalah Pantai Tanjung Layar, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Taraje, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karang Bereum.

Selain wisata pantai, Anda juga bisa berwisata memacu adrenalin dengan mengunjungi sejumlah goa seperti Goa Lalay, Goa Langir, dan Goa Jepang. Banyaknya spot wisata itulah yang membuat wisatawan semakin betah.

Namun, sebelum datang ke sini, ada baiknya melakukan persiapan sebaik mungkin supaya liburan Anda lebih maksimal. Berikut ini adalah lima hal penting yang harus Anda ketahui sebelum liburan ke Sawarna.

SURGA DUNIA: Di Sawarna, pelancong akan disuguhkan berbagai pantai eksotis. Selain menarik wisatawan domestik, pantai di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, ini juga banyak didatangi bule pada Agustus-Desember untuk berselancar.

Desa Sawarna mulai dikenal sebagai desa wisata sejak 2010. Desa yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, itu dikenal dengan pantai-pantainya yang eksotis dan selalu menarik perhatian wisatawan.

Ada Pantai Karang Bereum yang jadi destinasi wisata pertama di Sawarna. Pantai ini adalah spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Selain itu, pantai ini juga punya karang-karang yang cantik.

Untuk kalian yang suka dengan kehidupan bawah laut, peman­dangan dasar laut di pantai ini akan membuatmu berdecak kagum. Kehidupan beragam tumbuhan dan hewan laut bisa dinikmati di pantai ini tanpa harus menyelam.

Kedua Pantai Legon Pari. Lokasinya bergeser ke timur sedikit dari pantai sebelumnya. Arus ombak di pantai ini sangat kecil, sehingga selalu menjadi spot favorit bagi para wisatawan yang mau berenang di lautan.

Pantai ini ada di ujung teluk yang kanan-kirinya dikelilingi perbukitan. Selain aman buat berenang, pantai ini juga cocok buat kalian yang mau bersantai sambil berjemur di bawah sinar matahari.

Lalu Pantai Karang Taraje, lokasinya paling timur di Sawarna. Pantai ini terdiri dari karang-karang besar yang bentuknya bertangga-tangga. Kalau laut pasang, air akan menyeberangi karang dan menimbulkan efek seperti air terjun. Luar biasa!

Pantai ini juga jadi spot favorit buat orang-orang yang hobi memancing. Saat laut surut di pagi hari, mereka mulai melemparkan kail ke laut. Jika sedang beruntung, pemancing-pemancing itu bisa dapet lobster yang terperangkap di karang-karang.

Pantai keempat yang akan kita kunjungi adalah Pantai Tanjung Layar. Diantara pantai-pantai lain di Sawarna, Tanjung Layar adalah pantai paling fenomenal. Di pantai ini ada sebuah tebing besar menyerupai layar yang menjadi ikon wisata Sawarna.

Di sisi timur pantai ini juga terdapat gugusan karang yang berbentuk seperti jejak kaki sebelah kiri berukuran 2 x 1 meter. Warga menamainya jejak kaki Kabayan. Mitos yang tumbuh di masyarakat, jejak kaki kanannya ada di daerah Jampang, Sukabumi.

Setelah puas foto-foto di Tanjung Layar, kita akan mengunjungi spot terakhir, yaitu Pantai Pasir Putih. Pantai ini selalu jadi spot favorit bagi para pencinta olahraga selancar karena gelombang ombaknya yang besar.

Setiap musim liburan tiba, pantai ini selalu dipenuhi para peselancar, baik domestik maupun interna­sional. Pantai ini banyak didatangi bule-bule pada Agustus-Desember saat ombak sedang ganas-ganasnya.

Selain berselancar, pantai ini juga didatangi wisatawan sebagai tempat untuk menyaksikan momen matahari terbenam. Untuk melihat matahari terbenam di pantai ini, usahakan datang sekitar jam 5 sore saat langit mulai berwarna oranye.

Pantai ini merupakan lokasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya yang dekat dengan penginapan dan jalan raya. Waktu tempuhnya cuma sekitar 20 menit jalan kaki atau lima menit dengan motor.(phinemo)

 

Komentar Anda

Baca Juga