Beranda Uncategorized

Rating Utang RI Bisa Naik

BERBAGI

JAKARTA– Standard & Poor’s (S&P) berpeluang menaikkan lagi rating utang Indonesia. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bercerita bahwa dirinya telah dikontak lembaga pemeringkat global tersebut mengenai kemung-kinan itu.

S&P merupakan satu di antara tiga lembaga pemeringkat yang paling dipercaya investor global. S&P pula yang paling akhir menyematkan peringkat investment grade atau layak investasi kepada Indonesia. Dua lembaga lain, Fitch Rating dan Moody’s, telah lebih dulu memberikan predikat tersebut.

”Sekarang dia (S&P, Red) kontak saya. Dia mau (menaikkan peringkat menjadi, Red) BBB tanpa minus,” ujar Luhut dalam seminar nasional ’Harmonisasi Paradigma Kebijakan Institusi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ di auditorium PTIK, Jakarta, kemarin (20/10).

Di tempat yang sama, Menkeu Sri Mulyani Indrawati menuturkan bahwa kenaikan peringkat tersebut sepenuhnya bergantung lembaga rating itu. Dia menekankan, dalam setiap pertemuan dengan S&P, pemerintah selalu menyampaikan update terkini sejumlah kemajuan dari indikator yang menjadi penilaian mereka.

Penilaian tersebut menyangkut kebijakan ekonomi seperti fiskal APBN 2017 dan 2018. Juga kondisi ekonomi moneter, neraca pembayaran, serta masalah institusi.(ken/c11/sof)

Komentar Anda

Baca Juga