Beranda Pendidikan

SMP TA Siap Ikuti LDK Tingkat Kota

BERBAGI

BOGOR–Siap ikuti latihan dasar kepemimpinan (LDK) tingkat Kota Bogor, SMP Taruna Andigha (TA) miliki ketua OSIS baru tahun kepemimpinan 2017/2018 melalui proses pemilihan secara demokratis, Selasa (17/10).

Kepala SMP TA, Aldilah Rahman menjelaskan bahwa tiap tahunnya proses pemilihan ketua OSIS memang dilakukan dengan mengambil suara semua warga sekolah, layaknya pemilihan kepala daerah yang berlaku di Indonesia.

Sebanyak enam calon terdaftar dalam bakal calon ketua OSIS dengan status mantan pengurus OSIS aktif. “Kenapa, karena mereka telah aktif di OSIS, mereka mengetahui setengahnya program dan cara kerja OSIS,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Mereka diseleksi dengan membuat sebuah karya tulis dengan berbagai tema, seperti bahaya narkoba, pergaulan bebas atau tema apa pun yang berhubungan dengan generasi muda seusia mereka yang sedang marak.

Dari seleksi tersebut, ditentukan oleh kepala sekolah dan dewan guru, terpilihlah menjadi tiga calon yang maju dan mengikuti seleksi berikutnya. “Tiga calon ini, langsung menghadap yayasan untuk diwawancara seputar visi-misi dan program kerja,” ungkap Aldi.

Setelah itu, ketiganya pun ber­kesempatan menyampaikan visi-misi tersebut ke semua warga sekolah agar warga sekolah mengetahui dan memantapkan pilihan. “Terakhir pungutan suara,” tambahnya.

Aldi mengatakan, dalam pemilihan ketua OSIS pun diselipkan pengetahui bagaimana menjadi warga negara harus menyumbangkan suaranya dalam pemilihan. Begitu pula para peserta didiknya yang nanti akan berkewajiban memilih saat umurnya sudah mencukupi.

Terkumpul 215 suara, terpilihlah Ade Nicko sebagai ketua OSIS terpilih dengan suara terbanyak, yaitu 146 suara. Selain banyak memiliki prestasi bidang akademik maupun nonakademik, ketua OSIS terpilih juga memiliki program kerja yang memang sebuah terobosan baru.

“Saya sangat berharap dengan terpilihnya ketua OSIS yang baru, bisa membawa sekolah ke arah yang lebih baik, banyak prestasi yang diraih lagi, dan dia juga sudah siap ke LDK tingkat Kota Bogor beberapa hari lagi,” tutup Aldi.(ran/c)

 

 

 

Komentar Anda