Beranda Politik

Kunjungi Dahlan, Presiden PKS Minta Saran

SOWAN: Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman bersama jajaran anggota PKS berkunjung ke rumah mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan di kediamannya diSurabaya, Selasa (17/10).Dipta Wahyu/jawa Pos

SURABAYA–Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membutuhkan pertimbangan khusus sebelum menentukan arah politiknya dalam pilgub Jatim. Salah satunya meminta masukan dari mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Permintaan itu disampaikan langsung oleh Presiden PKS Sohibul Iman dengan mengunjungi kediaman Dahlan kemarin (17/10).

Sohibul datang di kediaman Dahlan bersama jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jatim. Pertemuan tersebut cukup gayeng. Dahlan mengajak mereka makan siang dengan sejumlah menu masakan khas Kalimantan. ’’Ini masakan istri saya (Nafsiah Dahlan, Red). Sudah disiapkan sejak pagi,’’ kata Dahlan.

Dalam pertemuan sekitar sejam tersebut, banyak hal yang dibicarakan. Mulai persoalan ekonomi, sosial, hingga agama. Termasuk perkembangan politik nasional. Diskusi sesekali diselingi gelak tawa ketika Dahlan dan Sohibul melontarkan cerita lucu secara bergantian.

Sohibul mengungkapkan, dirinya sebenarnya sejak lama ingin mengunjungi Dahlan. Keduanya adalah teman sesama aktivis Pelajar Islam Indonesia. ’’Pak Dahlan itu senior saya,’’ ujar Sohibul.

Menurut dia, Dahlan adalah sosok yang concern dengan masalah kenegaraan. Tidak salah jika dirinya datang untuk meminta saran.

Termasuk soal pilgub Jatim. Sebagai wartawan, Dahlan dianggap memiliki informasi lebih terkait dengan pesta rakyat tersebut. Karena itulah, kedatangan Sohibul bertujuan meminta pandangan bagaimana agar bisa bersama-sama memajukan Jawa Timur.

Sejauh ini, PKS belum bersikap terkait dengan calon yang akan diusung dalam pilgub Jatim. Termasuk penentuan koalisi. Menurut Sohibul, mekanisme yang berlaku di PKS, pencalonan maupun koalisi dilakukan setelah mendapat masukan dari pengurus di daerah. (eko/gun/c5/fat)

Baca Juga