Beranda Ekonomi

Kuartal Tiga Capai 140 Ribu Unit

BERBAGI
LAPORAN: Penjualan Astra Daihatsu Sigra pada kuartal tiga secara nasional mencapai 32 ribu unit.

BOGOR-Daihatsu konsisten menunjukkan dominasinya di tengah kondisi pasar kendaraan niaga yang menurun. Salah satu pemegang merek, Astra Group ini membukukan penjualan wholesales di angka 140.233 unit pada kuartal tiga periode Januari-September tahun 2017.

Sedangkan untuk pencapaian di sisi retail sales, Daihatsu unggul dengan membukukan penjualan sebesar 134.230 unit dan market share sebesar 17,4 persen. Penjualan wholesales, Sigra menjadi yang paling primadona dengan raihan penjualan sebesar 32.171 unit atau sekitar 23 persen disusul Grand Max (PU) dengan kontribusi penjualan 30.534 unit atau sekitar 22 persen.

Penjualan favorit ketiga disusul penjualan Xenia sebanyak 28.084 unit atau sekitar 20 persen. Kontributor lainnya, yaitu Ayla, menyumbang 23.943 unit atau sekitar 17 persen, Gran Max (MB) 11.042 unit dan Terios 9.377 unit. Untuk tipe lainnya, meliputi Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen yang mencetak angka penjualan sebesar 5.082 unit atau sekitar 3 persen.

Tidak berbeda jauh dengan penjualan retail sales, Sigra masih memimpin di angka 34.264 unit atau sekitar 26 persen, Gran Max Pick Up (PU) sebanyak 29.076 unit atau 22 persen, dan penjualan Xenia di angka 26.390 unit.

Sementara itu, untuk Ayla juga dapat terjual cukup tinggi dengan penjualannya mencapai 20.054 unit atau 15 persen. Grand Max Mini Bus (MB) 9.748 unit atau 7 persen dan disusul Terios 8.755 unit atau 7 persen. Untuk jenis lain, Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen memberikan sumbangan cukup baik, dengan total penjualan 5.943 unit atau sekitar 3 persen.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, sangat bersyukur di tengah bisnis otomotif yang cenderung stagnan, mampu meraih market share sekitar 17,4 persen. Khususnya pada Sigra yang men­jadi unit favorit di masya­rakat. “Dapat terus tumbuh seiring dengan peningkatan pelayanan purnajual Daihatsu,” terangnya.

Di tempat terpisah, retail sales Daihatsu Yasmin juga tak berbeda jauh dengan nasional. SPV Daihatsu Yasmin Edwin Hernant­yo menjelaskan, di periode Januari–Septem­ber, rata-rata penjual setiap bulannya mam­pu mengeluarkan 100 unit. Untuk kategori primadona juga masih ditempati jenis kendaraan yang sama, yakni Sigra dan Ayla.

“Siagra mampu berkontribusi sebesar 30 persen atau sekitar 270 unit, sedangkan penjualan Alya sekitar 20 persen atau 180 unit. Untuk kelas MPV masih dipegang Xenia,” ujarnya.

Untuk mempertahankan pen­jualan, berbagai hal dilakukan Dai­hatsu khususnya cabang Yas­­min. Selain mengikuti pame­ran juga menawarkan program promo. Hingga akhir Oktober mendatang, diberikan program khusus guru dan PNS, dengan dana awal atau DP lebih ringan. Dipastikan, program tersebut prosesnya lebih cepat. Hingga akhir Oktober men­datang, Daiha­tsu Yasmin mengikuti pameran otomotif yang digelar di Bogor Trade Mall (BTM).(mer/c)

Komentar Anda