Beranda Pendidikan

SMK Kosgoro Pesta Demokrasi Siswa

BOGOR–SMK Kosgoro menyelenggarakan Pesta Demokrasi Siswa dengan rangkaian kegiatan pemilihan ketua OSIS SMK Kosgoro, sebagai bentuk penerapan pembelajaran kewarganegaraan dan pembelajaran demokrasi untuk siswa.

Kepala SMK Kosgoro, Asep Mulyana mengatakan, rangkaian pemilu ketua OSIS dimulai dari kampanye terbuka di depan siswa SMK Kosgoro Bogor, dilanjut kampanye ke setiap kelas. Para calon ketua OSIS menyampaikan visi-misi dan program unggulan.

“Menjadi pembeda pada tahun ini adalah adanya debat terbuka calon ketua OSIS yang disaksikan perwakilan kelas dan guru,” terangnya kepada Radar Bogor.

Ia menjelaskan, debat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu moderator dari pembina OSIS SMK Kosgoro. “Debat berlangsung empat sesi, setiap sesi begitu panas dengan argumen-argumen sehat yang konstruktif. Tujuan debat ini untuk menguji ide dan gagasan calon oleh audience agar gagasan dan ide calon ketua OSIS dapat menjadi solusi dan jawaban dari keresahan siswa,” tambah Asep.

Ditutup pemilihan ketua OSIS SMK Kosgoro yang begitu antusias dari warga sekolah SMK Kosgoro. Pemilihan ini begitu ramai dengan partisipasi aktif dari seluruh warga SMK Kosgoro. “Hampir 90 persen suara ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi SMK Kosgoro,” tegasnya.

Terpilihlah M. Fatih Darmawan dari kelas X TKJ 2 sebagai ketua OSIS SMK Kosgoro setelah unggul ketat enam suara dari pesaing terdekatnya, Varrel Andrean (X TKJ 1) dan 38 suara dari Vira Virdia (x TPPPP 2). “Rangkaian selanjutnya adalah sidang pembacaan laporan pertanggungjawaban OSIS masa bakti 2016/2017 dan serah terima jabatan serta pelantikan OSIS masa bakti 2017/2018.(ran/c)

Baca Juga