Beranda Pendidikan

PMR Dilatih Siaga Bencana

BERBAGI
DIBEKALI: Para fasilitator PMR dari tiap sekolah simulasi pertolongan pertama dalam pelatihan PMR dari PMI Provinsi Jawa Barat, Sabtu (14/10).

BOGOR– Puluhan pembina dan fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) Kota Bogor mengikuti pelatihan yang diselenggarakan PMI Kota Bogor di Bumi Perkemahan Cimandala, Sabtu (14/10).

Wakil Ketua 1 PMI Kota Bogor, Adang Suhadang mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari ini merupakan orientasi kepalangmerahan sebagai upaya melegalkan posisi mereka di sekolah masing-masing.

Adang menjelaskan, ada tujuh materi yang disampaikan dan ditekankan dalam pelatihan atau orientasi tersebut. Seperti materi kepemimpinan, manajemen PMR, pertolongan pertama dan lain-lain.
“Mereka ini mengikuti pelatihan untuk melegalkan posisi mereka di sekolah masing-masing, dan juga mematangkan materi yang mereka kuasai,” ucapnya kepada Radar Bogor.

Sebanyak 53 pembina yang terdiri dari para guru tersebut, berasal dari sejumlah sekolah tingkat SD-SMA yang nantinya akan membagikan ilmu yang didapatkan ke anak-anak PMR di sekolah.
Adang menjelaskan, minimal, setelah mengikuti pelatihan ini, para pembina bisa mewujudkan sekolah mereka masing-masing menjadi sekolah yang siaga bencana.

“Setelah ilmu yang mereka dapatkan diberikan ke anak-anak PMR, diharapkan dari situ, PMR di sekolah sangat siaga bencana, cepat tanggap,” ungkap Adang. (ran/c)

Komentar Anda