Beranda Olahraga All Sport

Dovi Perkasa

SENGIT: Andrea Dovizioso finis di urutan pertama MotoGP Motegi, kemarin

JEPANG–Sengit dan panas. Dua kata itu menggambarkan duel Andrea Dovizioso dan Marc Marquez pada MotoGP, kemarin (15/10). Nama pertama akhirnya menjadi pemenang setelah lebih cepat dalam me­nyentuh garis finis.

Meski Sirkuit Mo­tegi cen­derung basah dan lembap, nyatan­ya duel antara para pembalap tetap berla­ngsung sengit. Terutama antara dua pembalap yang sedang memperebutkan gelar juara: Dovizioso versus Marquez.

Duel dua pembalap asal Ducati dan Repsol Honda itu seolah juga mengingatkan akan perta­ru­ngan yang terjadi sebelumnya di Red Bull Ring, Austria lalu. Kala itu, balapan dimenangi Dovi­zioso, juga pada lap terakhir.

Marquez sejatinya mampu melesat untuk memimpin balapan sejak start. Dia mengu­ngguli Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci, sedangkan Dovizioso berada pada posisi keenam.

Setelah membayangi Petrucci cukup lama, Marquez menyalip pembalap Pramac Racing itu pada Lap 12, tepatnya di Tiku­ngan 12. Namun, satu lap kemu­dian, Dovizioso berada di bela­kang Marquez, ketika juga me­nyalip Petrucci untuk posisi kedua.

Duel membara antara Marquez versus Dovizioso pun dimulai pada Lap 14. Perlahan namun pasti, Dovizioso memangkas selisih jarak dari rivalnya tersebut.

Memasuki lima lap terakhir, perta­ru­ngan semakin panas di antara kedua pem­balap. Dovizioso me­nyalip, tapi Mar­quez tak menyerah begitu saja. Aksi saling overtaking pun tak terhindarkan. Bahkan, beberapa kali terjadi pergantian posisi teratas pada tiga lap terakhir.

Lap terakhir menjadi puncak duel kedua pembalap. Marquez yang memimpin membuat kesa­lahan dan membuat Dovizioso meng­ambil alih posisi. Keme­nangan di Motegi merupakan yang kelima bagi Dovizioso pada musim ini. Selain itu, Dovizioso memangkas selisih poin dalam klasemen sementara. Dia kini terpaut 11 poin dari Marquez.

Sementara, hasil menge­cewakan ditorehkan Valentino Rossi, yang gagal finis setelah terjatuh di Tikungan 8 pada Lap 6. Kegagalan finis di Motegi mengulangi hasil buruk musim lalu, saat dia juga terjatuh dan gagal finis.(jpg)

Baca Juga