Beranda Metropolis

Bagi-bagi Satu Juta Domain Gratis

BERBAGI

BOGOR–Sebanyak 400 sekolah di Kota Bogor mengikuti sosialisasi sekaligus bimbingan teknik (Bimtek) dalam pembuatan website sekolah, di aula SMK Negeri 3 Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (14/10).

Bimtek dan sosialisasi ini merupakan bagian dari program 1 Juta Domain Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kememkominfo) RI yang diberikan secara gratis selama satu tahun. Pada kegiatan ini, turut bekerja sama dengan Relawan TIK Kota Bogor sebagai fasilitator, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor dan Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskomin­fostandi) Kota Bogor.

Kepala Disdik Kota Bogor Fahrudin mengatakan, Kemen­kominfo menyediakan satu juta domain dan hosting gratis sela­ma satu tahun untuk sekolah, UMKM, pesantren, dan komunitas. Domain ini merupa­kan alamat di dunia maya meng­gu­nakan server dalam negeri dan domain .id sebagai domain Indonesia yang terper­caya serta penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas. “Program ini sekaligus akan menekan tingkat anonimitas di internet,” ujarnya.

Ia menuturkan, beberapa sekolah di Kota Bogor ada yang sudah memiliki website namun belum dikelola dengan aktif. Tapi, banyak pula yang belum memiliki website, meng­ingat biaya untuk pengelolaannya cukup mahal. “Untuk satu tahun ini kan gratis, maka di tahun berikutnya, untuk biaya domain sekolah dapat menggu­na­kan dana bantuan operasional sekolah (BOS),” terangnya.

Dia menegaskan, dengan ada­nya program domain gratis ini, 400 sekolah di Kota Bogor harus dapat memanfaatkannya dengan baik. Mengisi website dengan konten positif hingga memperkenalkan guru, fasilitas, kegiatan sekolah dan lainnya. Sehingga memudahkan masya­rakat untuk mengenal sekolah tanpa harus datang ke sekolah.

“Kami berharap pengemba­ngan website masing-masing sekolah meningkat, sehingga masya­rakat mendapatkan kemudahan informasi. Ini akan berdampak pada pemerataan memilih sekolah yang paling dekat dengan domisili,” jelasnya.

Kepala Diskominfostandi Kota Bogor Firdaus sangat menga­presiasi program 1 Juta Domain dari Kemenko­minfo RI ini. Dengan domain gratis ini, sekolah bisa mempromosikan sekolahnya cukup dengan website. Meski begitu, menu-r­utnya, pada pelaksa­naannya nanti tentu tidak akan lepas dari kendala. Sebab, pasti tidak akan semuanya sama dalam hal pengelolaan website. Sekolah harus mampu menye­suaikan diri dan menjadikan ini tantangan sekaligus inovasi menuju smart city.

“Diskominfostandi akan memonitor sekolah agar jangan sampai keluar dari aturan yang dibuat Kementerian, dan melihat perkembangan website-nya seperti apa. Harapan kami, tidak hanya sekolah, tetapi juga semua instansi dan stakeholder memiliki domain yang bisa diakses,” katanya.(cr1/c)

Komentar Anda