Beranda Nasional

Tol Pertama di Sumsel Gratis

BERBAGI

PALEMBANG–Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I ruas Palembang–Pamulutan, Kamis (12/10). Tol sepanjang 7,8 kilometer itu merupakan tol pertama yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel) danTol Trans Sumatera pertama yang diresmikan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, pengerjaan ruas tol tersebut terbilang sulit. Bukan hanya untuk urusan pembebasan lahannya, tapi juga untuk urusan teknik pengerjaannya. Tol Palindra membutuhkan teknik konstruksi khusus karena lahan didominasi daerah rawa bergambut.

”Dibanding tol yang lain, pembangunan Palindra ini membutuhkan biaya yang hampir 1,5 kali lipat lebih besar, karena harus menguruk tanah sedalam 7 meter dan mengurangi kandungan air rawa sebelum dipadatkan tanahnya,” ungkap Presiden Jokowi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Herry TZ mengungkapkan, setelah diresmikan, Tol Palindra seksi I itu akan dibuka untuk digunakan masyarakat tanpa dikenakan biaya selama masa uji coba.

”Tol ini baru keluar sertifikat layak fungsinya sehingga bisa diresmikan. Selanjutnya sambil menunggu keputusan penetapan tarif, Tol Palindra dapat dilewati tanpa tarif,” jelasnya. (and/jun)

Komentar Anda