Beranda Metropolis

Relokasi Pedagang ke Plaza Sukasari

BERBAGI
TIDAK LAYAK: PD-PPJ akan merelokasi pedagang dan melakukan penataan Pasar Sukasari di Kelurahan Sukasari, Kota Bogor. Meldrick/ Radar Bogor

BOGOR–Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD-PPJ) Kota Bogor akan merelokasi dan melakukan penataan Pasar Sukasari, Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Gembrong.

Relokasi tersebut sangat diperlukan, mengingat kondisi bagunan pasar yang sudah tidak layak sehingga mengurangi kenyamanan, bahkan keselamatan pedagang dan konsumen. Untuk sementara, pedagang Pasar Sukasari akan direlokasi ke Plaza Sukasari yang berada di samping Pasar Sukasari.

“Seperti yang disampaikan oleh para pedagang Pasar Sukasari, bisa dilihat bersama bahwa memang kondisi pasar ini sendiri, secara kasatmata, sudah tidak layak,” beber Kepala Pasar Sukasari, Kurnia Safarida.

Revitalisasi bangunan, kata dia, menjadi kebutuhan mendesak. Proses ini akan diawali dengan memindahkan terlebih dahulu pedagang. “Ada bagian terkait yang akan mengkaji dan membangun bangunan pasar,” kata dia.

Pasar Sukasari memiliki ciri khas tersendiri, yakni kuliner dan penjahit. Penjahitnya berjumlah 20 orang, yang tidak terlepas dari para pedagang yang menjual kebutuhan menjahit. Selain penjahit, di pasar ini juga ada beberapa komoditas salon.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas PDPPJ, Sulhan menjelaskan, Pasar Sukasari dibangun pada 1987 dan diresmikan pada 1990. Usia pasar ini sudah hampir 27 tahun. Maka, normal saja jika bangunan sudah mulai mengalami penyusutan.

“Rencana relokasi pedagang pasar ke Plaza Sukasari merupakan tugas PD-PPJ selaku pengelola pasar rakyat di Kota Bogor. Akhir tahun insyaallah sudah direlokasi,” jelas Sulhan. (wil/c)

Komentar Anda