Beranda Metropolis

Peneliti IPB Temukan Formula Cegah Diabetes Pada Kucing

BERBAGI
ILUSTRASI: Terlihat para kucing berkerumum untuk diberi makan.

Kasus penyakit diabetes melitus (DM) tidak hanya terjadi pada manusia. Sekarang banyak dilaporkan terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing dan kucing. Mengatasi itu, peneliti IPB mengembangkan pakan berbasis ekstrak biji mahoni yang terbukti dapat mencegah obesitas dan diabetes pada hewan peliharaan.

Laporan: Wilda Wijayanti

Adalah Adi Winarto, peneliti dari Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB bersama Tutik Wresdiyati (Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi FKH IPB), yang mengembangkan pakan pencegah diabetes pada kucing dan anjing tersebut.

Menurut Adi, akhir-akhir ini kasus penyakit DM pada anjing dan kucing semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh gizi pakan yang tidak seimbang dan cenderung mengandung karbohidrat yang berlebihan. Oleh karena itu, dibutuhkan kandungan pakan yang baik agar dapat mencegah peningkatan penyakit DM.

“Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit DM pada kucing adalah biji mahoni. Maka, dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan memformulasikan ekstrak biji mahoni (Swietenia mahagoni) menjadi pakan kucing pencegah obesitas dan diabetes, melalui uji palatabilitas dan uji klinis pada kucing,” ujarnya.

Adi menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa formula pakan berbasis ekstrak biji mahoni yang terbaik dengan palatabilitas paling tinggi adalah formula yang mengandung 0,25 persen ekstrak.

“Uji klinis formula pakan kucing terbaik menunjukkan bahwa kandungan ekstrak biji mahoni pada pakan tersebut dapat mengontrol berat badan, mengendalikan body mass index (BMI) atau indikator kadar relatif lemak dalam tubuh, mengontrol kadar glukosa darah, serta mengontrol profil lipid (kadar lemak dalam darah),” ujarnya.

Adi juga menyebut, hasil uji oral glucose tolerant test (OGTT) pada kucing menunjukkan bahwa kapsul berbasis ekstrak biji mahoni dapat memberikan efek hipoglikemik atau penurunan gula darah. “Dapat disimpulkan bahwa formula pakan terbaik ini merupakan salah satu produk yang dapat digunakan sebagai pencegah obesitas dan diabetes pada kucing,” tandasnya.(*/c)

Komentar Anda

Baca Juga