25 radar bogor

Argentina Lolos Karena Dukun?

TAK DISANGKA: Lionel Messi (kanan) merayakan lolosnya Argentina ke Piala Dunia 2018
TAK DISANGKA: Lionel Messi (kanan) merayakan lolosnya Argentina ke Piala Dunia 2018

QUITO–Cerita klenik muncul mewarnai keberhasilan Argen­tina menembus Piala Dunia 2018. Kabarnya, ada dukun Argentina di balik lolosnya Lionel Messi cs ke Rusia. Untuk ke-17 kalinya, Argentina lolos ke Piala Dunia.

Beberapa cerita yang mungkin tak masuk akal lahir di balik kesuksesan tersebut. Mulai dari penundaan konser bintang rock U2 di Buenos Aires. Sampai memboyong orang sakti ke markas Ekuador di Quito, Rabu (11/10) kemarin.

Dua media besar Argentina TyC Sports dan La Clarin menu­lis­kan kehadiran sang dukun yang bernama El Brujo Manuel tersebut ke ibu kota Ekuador memberikan aura positif bagi Messi dkk. Argentina yang biasa­nya susah menang di Quito, kemarin menang 3-1 atas tuan rumah.

Menurut La Clarin, bekas gelan­dang Argentina Juan Sebastian Veron membisikkan kepada Ketua Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia buat membo­yong Manuel ke lokasi Argentina bertanding. Veron merujuk klub Estudiantes de La Plata yang menjadikan Manuel jimat berhasil menang turnamen paling bergengsi se-Amerika Latin, Copa Liberta­dores, pada 2009 lalu.

“Dia bisa melihat atau menera­wang banyak hal yang umumnya tak bisa dilakukan orang keba­nyakan. Manuel memiliki energi spesial dalam dirinya,” tutur salah satu perempuan yang pernah jadi pasien Manuel kepada La Clarin. Demi melin­dungi nama­nya, perempuan itu mewanti-wanti agar namanya tak dikorankan.

Sayangnya, pihak AFA sama sekali tak memberikan konfirmasi atau keterangan soal kebenaran berita diboyongnya Manuel ke Quito. Meski dalam jepretan La Clarin, Manuel kedapatan berinteraksi dengan pemain-pemain Argentina di hotel mereka menginap di Guayaquil.

Sementara itu, seperti diberita­kan Billboard, band rock U2 rela memundurkan jadwal konser di Buenos Aires. Sebab, jadwal manggung Bono dkk kemarin berbarengan dengan laga pemungkas Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Bisa Anda bayangkan bagai­mana meriahnya pertun­jukan jika Argentina menang lawan Ekuador. Andaipun Argentina kalah, kami akan tetap bermain dan menghilangkan sedikit kegetiran akibar kekalahan itu,” tutur show producer konser U2 Daniel Grinbank kepada La Nacion.(dra)