Beranda Olahraga Kickers

Pecah Rekor 16 Tahun, Messi The Hero

BERBAGI

EKUADOR–Lionel Messi pantas mendapat predikat pahlawan bagi Timnas Argentina. Dia mencetak hat-trick saat melawan Ekuador, Rabu (11/10) pagi WIB, dan membawa La Albiceleste lolos langsung ke Piala Dunia.

Tim Tango -julukan lain Timnas Argentina- bisa dibilang lolos dari lubang jarum. Berada di peringkat keenam hingga laga ke-17, tim asuhan Jorge Sampaoli itu harus menang pada laga

pamungkas melawan tuan rumah Ekuador. Hanya kemenangan yang akan membawa Messi cs meraih tiket langsung ke Piala Dunia 2018.

Keyakinan serta tekad kuat untuk tak membuat masyarakat Argentina dan pencinta sepak bola dunia bersedih membuat Messi cs tampil kese­tanan di Olímpico Atahualpa, kandang Ekuador.

La Albiceleste akhirnya menang 3-1 lewat hat-trick Messi dan menggenggam tiket lolos langsung ke Rusia 2018.

Publik dunia sudah cemas andai Argentina tak lolos. Piala Dunia 2018 jelas akan hambar tanpa bintang-bintang hebat seperti Messi, Angel Di Maria, Paulo Dybala, dan Gonzalo Higuain.

Bisa jadi Piala Dunia 2018 di Rusia akan menjadi Piala Dunia terburuk andai Argentina absen. Terlebih, tim kuat Eropa Belanda juga sudah absen. Toh, kece­masan publik tak terwu­jud. Argentina me­nun­jukkan bahwa me­reka pan­tas ber­laga di Piala Dunia. Sebagai negara yang pernah juara pada 1978 dan 1986, tentunya akan menjadi aib

andai absen di ajang Piala Dunia. Argentina terakhir kali tak tampil pada Piala Dunia 1970.

Kemenangan atas Ekuador tak diraih dengan mudah. Fans Tim Tango, baik di dalam stadion mau­pun di nega­ranya atau di tem­pat lain, dibuat tertunduk lesu setelah Romario Ibarra membawa

Ekuador unggul 1-0 saat laga baru berlangsung 1 menit. Dia meman­faatkan umpan dari Roberto Ordonez.

Akan tetapi, tak berselang lama, tepatnya menit 12, Messi menya­­makan kedu­dukan lewat tendangan kaki kiri. Dia meman­faatkan umpan tarik dari Angel Di Maria dan meno­dai gawang

Ekuador yang dijaga Maximo Banguera. Skor menjadi sama kuat 1-1. Messi seolah ingin membuktikan dia bisa menjadi pahlawan Argen­tina, bukan hanya Barcelona saja. Delapang menit berselang, tepatnya menit 20, Messi kembali mencetak gol. Umpan Di

Maria sebenarnya mampu diambil oleh pemain belakang Ekuador. Namun, bola mental dari penguasaan kakinya dan diserobot Messi. Setelah beberapa detik membawa bola, Messi langsung melepaskan tenda­ngan kaki kiri dan merobek gawang Ekuador untuk kedua kalinya. La Albiceleste unggul 2-1.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Argentina 2-1. Dalam laga ini, Tim Tango memang dominan dalam penguasaan bola dan serangan.

Pada babak kedua, Tim Tango tak bermain bertahan meski unggul 2-1. Messi cs terus memberikan tekanan. Hasilnya, pada menit 63, Messi mencatat hat-trick. Dia kembali menodai gawang

Ekuador untuk ketiga kalinya setelah sebelumnya menerima umpan dari Enzo Perez. Argentina memimpin dengan skor 3-1.

Gol Messi pada menit 63 menjadi yang terakhir dalam laga tersebut. Argentina pun menang 3-1 lewat hat-trick hero Messi. Kemenangan itu membawa Argentina lolos langsung ke PialaDunia 2018.

Pelatih Argentina Jorge Sampaoli menegaskan timnya harus tetap setia dengan harapan Piala Dunia. ”Saya sangat yakin bahwa jika kita bermain dengan keyakinan maka kita akan berada di Piala Dunia,” ucapnya seperti dilansir Telegraph.

“Ini adalah sepak bola, kadang-kadang memberi dan kadang-kadang hal itu terjadi. Terkadang Anda pantas mendapat sesuatu tapi tidak menang,” imbuhnya.(jpg/dkw)

Komentar Anda