Beranda Pendidikan

Mesin Baru Memotivasi SMKN 1 Cibinong

BERBAGI

CIBINONG–SMKN 1 Cibinong memperoleh hibah mesin CNC (computer numerical control) dari PT Astra Otoparts Tbk. Menurut Chief Operation Officer Divisi WINTEQ (Workshop for Industrial Equipment), Reiza Treistanto, mesin CNC itu adalah mesin kontrol yang bisa diterapkan ke berbagai mesin.

Reiza menjelaskan, CNC yang dihibahkan tersebut untuk kepentingan turning, atau yang biasa disebut dengan mesin bubut oleh kebanyakan orang. “Jadi ini adalah mesin turning yang dikontrol dengan mesin CNC yang disebut dengan mesin CNC lead, dipakai untuk membuat benda-benda khususnya dari metal yang bentuknya simetris, karena proses kerjanya berputar dan ada mata pisaunya, ada tools pahatnya,” beber Reiza.

Reiza berharap mesin yang dihibahkan perusahaannya dapat bermanfaat dan terawat dengan baik. “Kami tidak ingin mesinnya nganggur begitu dihibahkan. Maka sebelum kami memutuskan untuk memberikan ke SMKN 1 Cibinong, kami sudah pelajari dulu, survei dulu bahwa di sini sumber dayanya siap untuk menerima mesin itu, memanfaatkan mesin itu, sehingga kami pilihlah SMKN 1 Cibinong,” bebernya.

PT Astra Otoparts Tbk juga akan melakukan pendampingan terhadap siswa SMKN 1 Cibinong, baik teknis maupun yang sifatnya untuk menumbuhkan sikap mental industri. “Kami ingin menularkan ilmu-ilmu kami dan mental insdustri tersebut kepada siswa-siswa itu sehingga ketika mereka lulus, mereka betul-betul sudah berwawasan industri, sudah siap masuk ke dunia kerja,” tandasnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bogor, Firdaus menyatakan, mesin CNC tersebut saat ini sangat dibutuhkan siswa untuk kegiatan pembelajaran. “Karena saat ini sistem sudah tidak manual lagi, sudah dengan sistem komputer, kendalinya dengan sistem kontrol itu, CNC itu, apalagi kalau dibuat dalam jumlah banyak dan besar, cukup diprogramkan sekali, berapa saja bisa dibuat, jadi tidak usah dikerjakan manual lagi,” katanya.

Firdaus mengungkapkan, keberadaan mesin CNC tersebut mampu memotivasi siswa untuk terus mempelajari hal-hal baru. “Mudah-mudahan teknologi yang semakin berkembang sekarang ini bisa sejalan dengan apa yang kita berikan, ini adalah salah satu bagian kepedulian dari industri terhadap dunia pendidikan sehingga harapan dari industri itu insya Allah bisa kami wujudkan dengan mencetak anak-anak yang siap bekerja di dunia industri,” tuturnya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga