Beranda Ekonomi

Melihat Riasan Pengantin Bali Komersil

BERBAGI
BAGI TRIK: Seminar tentang trik make up pengantin Bali yang diadakan DPC Harpi Melati Kota Bogor di Gedung Wanita.

Kendati sekarang banyak tren riasan modern, riasan pengantin Nusantara tidak boleh lekang ditelan masa. Sebagai generasi penerus, harus tetap melestarikan dan mempertahankan riasan pengantin-pengantin Nusantara. Di organisasi HARPI, dikenal teknik make up pakem dan komersil. Kemarin (11/10), DPC Harpi Kota Bogor menghadirkan professional make up artist R.A Kannu Kosasih K atau akrab disapa Kannu untuk memperlihatkan tutorial riasan pengantin Bali komersil.

Kannu menjelaskan bahwa dasar warna foundation khusus untuk pengantin komersil adalah selaras warna kulit atau flawless make up, dan untuk tata rias pakem pengantin Bali secara keseluruhan warna dasar foundation dan bedak adalah kekuning-kuningan. Warna merah tidak boleh digunakan untuk eye shadow pada pengantin Bali, karena merah melambangkan sifat yang tidak baik sehingga tidak boleh diaplikaskan untuk semua pengantin Bali, baik komersil ataupun yang pakem. “Warna merah hanya digunakan para penari, tidak boleh digunakan untuk pengantin,” tandasnya.

Sementara untuk bunga, yang digunakan pada pengantin Bali bukan bunga kamboja, karena biasanya untuk pakem bisa menggunakan bunga mawar, bunga kantil berwarna putih dan kuning serta bunga kenanga berwarna hijau dan kuning.

Untuk dasar tata rias, Kannu menggunakan serum terlebih dahulu. Kannu menggunakan antiaging serum sebagai pengganti pelembap atau moisturizer. Serum diaplikasikan secara merata ke seluruh area wajah dan leher. “Serum dapat membuat make up menjadi tahan lama kemudian garis kerut-kerut halus di sekitar bawah mata maupun garis ekspresi seketika bisa teratasi, hilang, paling tidak bisa berkurang,” tutur Kannu.

Untuk foundation, Kannu mencampur dua jenis foundation berbeda yaitu lushtrous liquid foundation dan covering cream foundation dengan perbandingan dua banding satu. Setelah itu, Kannu mem­beri­­kan cream foundation berwarna light untuk area bawah mata yang berfungsi sebagai high light.

Untuk memberikan countour pada wajah, Kannu mengaplikasikan cream foundation warna dark untuk tulang pipi, tulang rahang, bagian samping kiri dan kanan cuping hidung sehingga membentuk wajah tampak berdimensi dan proporsional. Setelah itu, dibalurkan bedak tabur berwarna natural senada kulit yang diaplikasikan ke seluruh area wajah. “Kunci atau tip make up saya adalah saya selalu menggunakan bedak tabur jauh lebih banyak dibandingkan two way cake. Karena bedak tabur bisa membuat make up tahan lama, mengikat sel kelenjar minyak yang membuat wajah tidak akan terlalu berminyak,” tuturnya.

Untuk kesan glamour Kannu menggunakan finishing atau shimmering powder pink.(cr6/c)

Komentar Anda

Baca Juga