25 radar bogor

Mati-matian Berebut Sembilan Tiket

MOSKOW–Selamat tinggal Belanda, Chile, dan Amerika Serikat. Kekuatan besar di zona masing-masing itu akhirnya tersingkir dalam perebutan tiket ke putaran final Piala Dunia 2018.

”Tak sepatutnya kami berada di rumah saat Piala Dunia berlangsung. Saya yang bertanggung jawab,” kata Bruce Arena, pelatih AS, kepada ESPN setelah anak buahnya tersingkir menyusul kekalahan 1-2 dari Trinidad dan Tobago kemarin pagi WIB (11/10). Sebanyak 23 di antara kuota 32 slot di ajang empat tahunan di Rusia tahun depan itu sudah terisi.

Dari enam zona (AFC/Asia, UEFA/Eropa, CAF/Afrika, OFC/Oceania, CONCACAF/Amerika Utara dan Tengah, serta Conmebol/Amerika Selatan), tinggal sembilan tiket yang tersedia. Yakni, 3 tiket di zona Afrika, 4 tiket Eropa, dan 2 tiket play-off interkon­tinental. Perebutan sembilan tiket tersebut akan dituntaskan periode 6–14 November. Setelah semua slot terisi lengkap, dilanjutkan pengundian fase grup putaran final Piala Dunia 2018 pada 1 Desember di Istana Kremlin.

Hingga kemarin, di antara 23 nama yang lolos ke Piala Dunia 2018, ada dua tim debutan. Yakni, Islandia/UEFA serta Panama/CONCACAF. Sedangkan rekor tim paling sering lolos dipegang Brasil. Piala Dunia 2018 merupakan partisipasi mereka yang ke-21.

Mengutip ESPN kemarin (11/10), penyelesaian persiapan sebelas kota yang jadi host Piala Dunia akan dikebut pada akhir tahun ini. Selain Moskow, Sochi, Kazan, dan St Petersburg adalah kota yang kelengkapan stadionnya sudah beres. (dra/c10/ttg)