Beranda Olahraga Kickers

Cile Menangis, Panama Catat Sejarah

BERBAGI

BRASIL–Cile harus kecewa setelah gagal melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka gagal mempertahankan posisi empat besar setelah kalah 0-3 atas Brasil di laga pemungka pra-Piala Dunia 2018, kemarin (11/10) WIB.

Pasukan Juan Pizzi ini juga tak mampu berada di peringkat kelima yang berarti tiket play-off. Sebenarnya poin Cile sama dengan Peru yakni 26. Namun, Cile memiliki produktivitas yang lebih baik yakni surplus 1 gol. Seda­ngkan Cile minus satu gol. Peru yang berhak tiket babak play-off.

Bertandang ke Allianz Parque, Sao Paulo, Claudio Bravo cs gagal membendung agresivitas Brasil. Meski sudah memastikan lolos jauh-jauh hari, tim asuhan Tite itu tetap tampil ngotot.

Setelah imbang tanpa gol di babak pertama, Tim Samba mengamuk pada babak kedua. Paulinho membuka keunggulan pada menit 55. Hanya selang dua menit, Gabriel Jesus mem­bawa Brasil unggul 2-0. Tepatnya menit 57. Striker Manchester City itu kembali mencetak gol pada menit 90 dan Tim Samba menang telak 3-0.

Cile yang diperkuat para pemain terbaiknya tak bisa berbuat banyak. Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Gary Medel, dan Mauricio Isla seolah mati kutu di hadapan Neymar cs.

Bagi Cile, kegagalan ke Piala Dunia 2018 cukup menyakitkan. Maklum saja, status mereka adalah juara Copa America 2015 dan Copa America Centenario 2016. Cile gagal meneruskan tren

selalu lolos dalam dua Piala Dunia terakhir yang mereka ikuti yakni pada 2010 dan 2014.

Total, Cile telah tampil dalam sembilan kesem­patan dan prestasi terbaik adalah peri­ng­kat ketiga pada 1962 saat menjadi tuan rumah. Kini Alexis Sanchez cs ha­nya jadi penonton di Piala Dunia 2018.

Di pertandingan lain, Panama lolos langsung ke Piala Dunia 2018. Ini juga menjadi sejarah bagi Panama, karena untuk pertama kalinya negara dengan populasi 4.034.119 jiwa itu lolos ke Piala Dunia

Kemenangan dramatis 2-1 atas Kosta Rika pada laga pamungkas Pra-Piala Dunia 2018 zona CONCACAF membuat Gabriel Torres cs berada di posisi ketiga klasemen akhir. Dengan poin 13,

Panama menemani Meksiko dan Kosta Rika yang terlebih dahulu lolos, sebagai wakil dari CONCACAF.

Tak ada yang menyangka Panama bisa melenggang ke Piala Dunia 2018. Justru Amerika Serikat yang paling diunggulkan. Maklum saja, pada laga sebelumnya, Panama kalah 0-4 di kan­dang AS. Tetapi, pada laga pamu­ngkas AS kalah 1-2 atas tuan rumah Trinidad & Tobago.

Di satu sisi, Honduras pada saat bersamaan menang 3-2 atas Meksiko. Poin mereka menjadi 13, sama dengan Panama. Namun, Panama yang berhak lolos langsung lantaran memilikiagresivitas lebih baik. Honduras sendiri dengan 13 poin merebut tiket play-off dan akan menghadapi Australia untuk bisa tampil di Piala Dunia 2018. Sementara, AS harus menangis karena gagal tampil di Piala Dunia 2018.(jpg/dkw)

 

Komentar Anda

Baca Juga