Beranda Metropolis

Lestarikan Budaya Tata Rias Tradisional

BOGOR–Sebagian besar masyarakat tak menya­dari, tata rias pengantin tradisional sebenarnya telah menjadi bagian budaya Tanah Air. Tapi lan­ta­ran prosesnya terpaku pada pakem dan sulit dilakukan, ban­yak penata rias meninggalkan budaya ini. Itu menjadi tanta­ngan tersendiri bagi Himpunan Ahli Rias Pengantin (HARPI) Melati Kota Bogor.

“Harus ada yang menyosialisasikannya, melestarikan budaya ini,” ujar Ketua Panitia Seminar dan Gelar Pengantin, Trik Make-Up Peng­antin Bali Madya, DPC HARPI Kota Bogor, Tri Mulyani.

Bertempat di gedung Bale Seda, Kota Bogor, kemarin (10/10), HARPI juga mengajak para penata rias memperta­hankan tradisi dan mema­dukannya dengan kreativitas. Bukan hanya pada tradisi adat Sunda, melainkan juga tata rias pengantin dari daerah lainnya seperti adat Bali.

“Kebanyakan Sunda Putri atau Sunda Siger yang ditam­pilkan. Kami ingin membuat inovasi baru yakni pengantin Bali, memang jarang sekali sih ditampilkan di Kota Bogor, tapi setidaknya perias di Kota Bogor paham dan mengetahui tata rias pengantin Bali,” ungkap Tri.

Safari pendidikan ini, kata Tri, termasuk program kegiatan dari DPD HARPI Melati Jawa Barat, yang setiap tahun rutin diadakan. Tujuannya, tak lain untuk menyosialisasikan bahwa selain pengantin Sunda, banyak sekali orang Bali yang tinggal di Kota Bogor. Setidaknya agar perias juga mengetahui bagai­mana adat dan tradisi dari tata rias pengantin Bali.

“Selain ada seminar, juga perlombaan tata rias Sunda Siger Pakem, tata rias tradisional komersial senusantara. Juga ada pagelaran dari anggota dan pengurus yang menampilkan adat Sunda. Pagelaran tata rias pengantin tradisional yang dikomersialkan tapi tidak mengubah aturan pakemnya,” kata dia.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Bogor Uju Juyono mengapresiasi langkah HARPI. Terlebih, Kota Bogor tahun ini akan mengikuti perlombaan rias pengantin setingkat Asean. “Dan, kami dari Disdik mengajak kepada seluruh HARPI, bekerja sama saling mendukung. Nanti insyaallah tanggal 27, akan mengikuti expo di Cirebon,” singkatnya.(wil/c)

Baca Juga