Beranda Politik

Calon Panwascam Berguguran

BERBAGI
SERIUS: Para peserta seleksi Panwascam sedang mengikuti tes di PPIB.Dede/ Radar Bogor

BOGOR-Sejumlah peserta seleksi anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kota Bogor, mulai berguguran.
“Sebelumnya calon peserta telah melaksanakan tes tertulis,” ujar Komisioner Divisi Pence­gahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Bogor, Ahmad Fathoni kepada Radar Bogor.

Menurutnya, antusias calon peserta di Kota Bogor masuk kategori tinggi, total pendaftar awal mencapai 79 orang. Setelah verifikasi berkas, kata dia, hanya 67 orang yang dapat memasuki tahapan selanjutnya dan yang mengikuti tahapan tes tertulis di aula serbaguna gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) hanya mencapai 65 orang. “Dua orang tidak hadir dan kami anggap gugur,” ujarnya.

Selanjutnya, akan berkurang menjadi 36 peserta atau enam orang untuk setiap kecamatan. “Setelah dilakukan tes tertulis, se­mua hasil jawabannya akan diko­reksi sehingga diumumkan hari ini (kemarin, red). Setelah itu, kami tunggu jadwal provinsi untuk tes wawancaranya,” ujar dia.

Ia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat agar turut dalam mengawal perekrutan calon anggota Panwascam. Sesuai aturan, kata dia, Panwaslu juga melakukan pengumuman terbuka agar masyarakat dapat turut serta melakukan pengawasan.

“Masyarakat bisa melaporkan, baik secara e-mail atau laporan langsung ke sekretariatan kami, tapi itu pun harus dengan bukti kuat agar bisa ditindaklanjuti. Minimal lima tahun calon sudah mengundurkan diri dari kepartaian,” harap Fathoni.

Di tempat berbeda, 382 peserta calon anggota Panwascam Kabupaten Bogor akan mengikuti proses seleksi tertulis, Rabu (11/10) di gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin menje­laskan, sempat memperpanjang waktu pendaftaran lantaran ada beberapa kecamatan yang tidak memenuhi kuota. Ridwan menambahkan, total yang melamar untuk menjadi calon Panwascam di Kabupaten Bogor mencapai 417 orang, tetapi setelah diverifikasi yang lolos 382 orang.
Untuk menjaga netralitas, kata dia, pihaknya sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membuka pengaduan tanggapan terkait dengan calon peserta Panwascam.(ded/c)

Komentar Anda