Beranda Metropolis

RSUD Kota Bogor Terus Tingkatkan Pelayanan, Kini Jadi Langganan Tempat Studi Banding

BERBAGI ILMU: Dirut RSUD Kota Bogor dr Dewi Basmala sedang memaparkan paparan pelayanan di RSUD Kota Bogor.

Pelayanan yang prima dan program administrasi yang mumpuni, membuat RSUD Kota Bogor kembali menjadi lokasi studi banding bagi RSUD daerah lain. Seperti dilakukan RSUD Majene di Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (7/10). Mereka rela jauh-jauh ke Bogor untuk belajar bagaimana RSUD Kota Bogor mengelola rumah sakit.

“Mengapa kami memilih RSUD Kota Bogor, karena kami mendengar bahwa rumah sakit ini terus mengalami kemajuan pasca-akuisisi dari rumah sakit swasta ke rumah sakit pemerintah daerah,” Kata Dirut RSUD Majene, dr H Rakhmat.

Pihaknya pun mendapat referensi dari BPJS Pusat bahwa RSUD Kota Bogor mendapat predikat terbaik menata administrasi program layanan kesehatan pemerintah tersebut. “Saat ini, kami sedang proses peningkatan akreditasi. Jadi, tata kelola mutu pelayanan rumah sakit di antara BPJS menjadi syarat penting rumah sakit kami untuk naik kelas,” jelasnya.

Oleh karenanya, dalam studi banding tersebut, pihak RSUD Majene membawa beberapa perwakilan dari beberapa bidang pelayanan, agar program belajar ini bisa langsung dipraktikkan di setiap bagian atau unit kerja.

Dalam kesempatan itu, Dirut RSUD Kota Bogor dr Dewi Basmala, Mars dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan langkah yang dilakukan RSUD Majene dengan melakukan studi banding ke tempatnya dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan.

“Saya bahagia, rumah sakit ini dijadikan sarana dan tempat belajar. Karena minggu lalu, RSUD Bantul pun datang ke sini. RSUD Kota Bogor pun, saat ini terus belajar untuk meningkatkan pelayanan dan kepercayaan, khususnya warga Kota Bogor,” ucapnya.

RSUD Kota Bogor, kata dia, saat ini sedang menambah sarana dan prasana, khususnya ruang rawat inap, serta akan membuat program unggulan, di antaranya untuk pelayanan kanker dan hemodialisa.

Sementara itu, Kasubag Hukum dan Humas RSUD Kota Bogor Taufik Rahmat menambahkan, selain meningkatkan beberapa perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) pun menjadi skala prioritas.

Oleh karena itu, pihaknya selalu mengikuti berbagai diklat yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah. “Kami akan trus berusaha meningkatkan mutu pelayanan dan tidak hanya sebatas sarana prasana saja, tapi SDM pun terus kami tingkatkan,” tandasnya.(wil/*)

Baca Juga