Beranda Ekonomi

Permudah Layanan lewat Digital Channel

JAKARTA–Memasuki usia 21 tahun, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan PT Bank Victoria International, Tbk (Bank Victoria) untuk pembayaran tagihan pascabayar. Pembelian pulsa dan pembelian paket data XL melalui internet banking and mobile banking (IBMB) Bank Victoria. Kerja sama ditandai penandatangan antara XL Axiata dan Bank Victoria di Jakarta, akhir pekan lalu.

VP Modern Channel XL Axiata, Octavia Kurniawan mengatakan, kenyamanan pelanggan menjadi fokus dan komitmen XL Axiata yang diwujudkan dalam menjalin kemitraan dengan Bank Victoria International. “Kami ingin memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan,” kata Octavia.

Dengan fasilitas tersebut, dia berharap pengguna nasabah Bank Victoria dapat lebih mudah bertransaksi untuk kartu XL, baik pascabayar maupun prabayar. Sedangkan bagi XL Axiata, hal ini juga memperkuat jaringan pembayaran bagi para penggunanya setia serta menambah marketing channel XL.

Sementara itu, IBMB Bank Victoria merupakan digital channel yang dimiliki Bank Victoria. Sejak dipublikasikan pada Juni tahun lalu sampai dengan saat ini terdapat 12.060 nasabah telah terdaftar sebagai pengguna aktif.

Pada IBMB Bank Victoria nasabah dapat melakukan banyak transaksi perbankan dan pembayaran tagihan. Sistem soft token memudahkan para pengguna, sebab, mereka tidak membutuhkan alat tambahan untuk bertransaksi. Saat ini, IBMB Bank Victoria masih diperuntukkan bagi nasabah individual. Namun, dalam waktu dekat nasabah korporasi juga dapat menikmati fasilitas ini.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, data dan pengguna e-banking. Jumlah pengguna e-banking (SMS banking, phone banking, mobile banking, dan internet banking) meningkat 270%, dari 13,6 juta nasabah pada 2012 menjadi 50,4 juta nasabah pada 2016.

Frekuensi transaksi pengguna e-banking juga meningkat 169%, dari 150,8 juta transaksi pada 2012 menjadi 405,4 juta transaksi pada 2016. Pertumbuhan pesat digital banking tersebut sudah direspons perbankan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital, dengan menyediakan produk dan layanannya yang semakin beragam, sekaligus meningkatkan efisiensi dan daya saing industri perbankan.(mer/b)

Baca Juga