Beranda Olahraga Kickers

Nigeria Jadi Tim Afrika Pertama yang ke Rusia

BERBAGI
Leon Balogun (nomor 6) dan pemain Nigeria lainnya berselebrasi usai pertandingan

UYO–Tim Super Elang Nigeria akhirnya memastikan menjadi juara babak ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CAF (Afrika). Itu membuat Nigeria menjadi negara pertama Afrika ke Piala Dunia 2018.

Menjamu Zambia di Godswill Akpabio International Stadium, Uyo, Sabtu (7/10) malam WIB, Nigeria menang tipis 1-0 berkat gol pemain Arsenal Alex Iwobi pada menit ke-73.

Dengan kemenangan tersebut, poin Nigeria (13) tak mungkin lagi dikejar tiga negara lainnya di Grup B yakni Zambia (7), Kamerun (6) dan Aljazair (1). Kualifikasi hanya menyisakan satu pertandingan lagi.

Buat Nigeria, lolos ke Piala Dunia kali ini merupakan untuk keempat kalinya setelah 1994, 1998 dan 2014. Afrika mendapat jatah lima tim yang tampil di Piala Dunia 2018. Empat tim lainnya masih harus ditentukan hingga pertandingan terakhir. Untuk sementara, Tunisia (Grup A), Maroko (Grup C), Senegal (Grup D) dan Mesir (Grup E) memimpin klasemen hingga kualifikasi menyisakan satu atau dua pertandingan lagi.

Selain Nigeria, dari zona Concacaf (Amerika Utara) juga kembali meloloskan satu wakilnya yakni Kosta Rika. Dalam laga Minggu (8/10) dini hari, Kosta Rika bermain imbang 1-1 dengan Honduras. Hasil tersebut cukup untuk membuat Kosta Rika mengamankan posisi kedua di bawah Meksiko.

Dari Concacaf, FIFA memberikan jatah sebanyak tiga setengah tiket ke Rusia 2018. Tiga tim teratas babak akhir kualifikasi lolos otomatis, peringkat keempat melakoni play-off melawan wakil Asia (AFC).(adk/jpnn)

 

Komentar Anda

Baca Juga