Beranda Olahraga Kickers

De Oranje Butuh Kemenangan Besar

BERBAGI
Arjen Rooben melewati hadangan salah seorang pemain Belarusia

BELARUS–Tak ada euforia berlebihan saat Belanda menang 3-1 di kandang Belarus, pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A, Minggu (8/10) dini hari WIB. Sebab, asa Belanda menuju Rusia masih tipis.

De Oranje, wajib menang setidaknya 7-0 pada laga pamungkas melawan Swedia demi mengamankan tiket play-off. Memang, keme­nangan atas Belarus mampu menjaga asa Belanda untuk bisa tampil pada Piala Dunia 2018.

Belanda baru bisa mem­bobol gawang Belarusia pada menit ke-24. Davy Propper membuat tim asuhan Dick Advocaat memimpin setelah mencetak gol pembuka.Unggul satu gol, keper­cayaan diri Belanda meningkat.

Tonny Vilhena dan Vincent Janssen sempat menebar ancaman. Tetapi usaha mereka digagalkan kiper Belarusia. Skor 1-0 untuk keunggulan Belanda menghiasi akhir babak pertama.

Selepas jeda, Belanda coba terus menekan demi menambah keunggulan. Di tengah usaha itu, gawang Belanda justru kebobolan pada menit ke-55. Maksim Volodko membuat Belarus menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-85, Belanda mendapat hadiah penalti setelah Nikolai Signevich melakukan pelanggaran di kotak pertahanan Belarus. Arjen Robben yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna dan membuat Belanda kembali unggul.

Pada injury time, Belanda menambah keunggulan setelah eksekusi tendangan bebas Memphis Depay mengoyak jala Belarus. Belanda pun memastikan keme­nangan 3-1 atas Belarusia. Namun, kemenangan ini tak memberikan garansi apa-apa kepada Belanda.

Pasalnya, beberapa jam sebe­lumnya, Swedia mampu menang 8-0 atas Luksemburg. Sementara, Prancis pun menang 1-0 atas Bulgaria serta berhak kembali me­muncaki klasemen Grup A dengan 20 poin. Swedia berada di peringkat kedua berkat koleksi 19 poin, terpaut tiga angka dari Belanda yang berada di bawahnya.

Pada laga pamungkas, dengan perkiraan Prancis akan lolos otomatis dengan mengalahkan Belarus, Belanda dan Swedia harus saling baku hantam demi mem­perebutkan tiket play-off. Jika Belanda menang, poin keduanya akan sama. Namun, bukan cuma kemenangan yang dibutuhkan De Oranje, pun selisih tujuh gol!

Saat ini Swedia mengoleksi selisih gol plus 19, sedangkan Belanda hanya plus 7. Jika menang 7-0, sur­plus gol Belanda menjadi +14, sedangkan Swedia tereduksi menjadi +12. Sementara, pelatih Belanda, Dick Advocaat, harus menelan pernyataannya sebelum­nya. Ya, Advocaat sempat mem­perolok pelatih Swedia yang menyatakan bisa mengalahkan Luksemburg dengan skor 8-0.

“Mereka (Swedia) tidak akan menang 8-0, ITU pertanyaan bo­doh, saya tidak percaya itu,” kata Advocaat mengejek itu, sesaat sebelum Swedia bertan­ding.(jpg/dkw)

Komentar Anda

Baca Juga