Beranda Metropolis

Cegah Longsor dengan Tanam Pohon

BOGOR–Menginjak aksinya yang ke-153, kini tim Gerakan Tanam Pohon (GTP) menyasar lokasi penanaman di sekitaran tebing. Seperti yang dilakukan di Kampung Toga, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, kemarin (8/10).

Sekitar 25 bibit pohon dari berbagai macam jenis ditanam di lingkungan Kampung Toga. Salain bermanfaat untuk penghijauan, dengan ditanamnya di tepian tebing akan membuat tanah di sekitarnya menjadi kokoh dari kikisan air. “Satu manfaat kita menanam pohon bisa menahan tanah dari gerusan air. Jadi, longsor dan bencana bisa dihindari.

Karena kontur di Kota Bogor ini berbukit-bukit. Sehingga harus banyak sekali tanggul-tanggul penahan tanah. Untuk itu, perlu rajin menanam pohon,” jelas salah satu pencetus GTP yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono.

Jenis bibit pohon yang ditanam, antara lain, jenis pohon durian dan manggis. Selain memberikan kesejukan untuk udara sekitar, Heri berharap, pohon-pohon tersebut bisa memberikan manfaat kepada warga berupa buah-buahan yang kelak dihasilkannya.

“Udara juga bisa segar jika banyak ditanami pohon. Saya berharap warga pun melaporkan jika ada di daerah sekitarnya yang rawan longsor,” terangnya. Untuk itu, dirinya mengajak warga Kota Bogor untuk tak bosan-bosannya menam bibit pohon di lahan kosong.(rp1/c)

Baca Juga