Beranda Metropolis

Sanca Kembang Tiga Meter Gegerkan Warga

BIKIN GEGER: Warga Cemplang berhasil menangkap ular sanca kembang sepanjang tiga meter

BOGOR–Warga Cemplang Baru RT 01/12, Kelu­rahan Cilendek Barat, digegerkan dengan penemuan ular sanca kembang, Kamis malam (5/10). Meski kini sudah dikandangkan, rupanya ada satu ular sejenis berukuran lebih besar yang masih berkeliaran.

Salah seorang saksi yang merupakan warga sekitar, Yudi Kurnia Adam (40) mengatakan, kedua ular tersebut pertama dilihat oleh seorang gadis sekitar pukul 19.00 Kamis (5/10). “Dia teriak. Untungnya tidak jauh dari pos yang memang biasa jadi tongkrongan anak-anak. Akhirnya ditangkap lima pemuda,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin (6/10).

Ular sepanjang 3,5 meter dan berat 9 kilogram itu, ditangkap dengan peralatan seadanya. Karena saat itu sedang berada di sebuah got dengan ukuran cukup besar, maka proses pengambilannya tidak membu­tuhkan waktu lama. Tapi, rupanya hanya satu ular yang dapat tangkap, sedangkan satu ular lainnya kini masih berkeliaran. “Yang satu lagi tidak ketangkap. Padahal yang itu ukurannya lebih besar, bisa sebesar knalpot diameternya,” ungkapnya.

Dia menduga, ular tersebut memang sedang lapar, sehingga muncul ke permukaan meski sedang ramai orang. Ada beberapa ciri yang menurutnya hewan tersebut sedang lapar. Salah satunya yaitu kulitnya yang baru mengelupas, pertanda habis hibernasi.

Tak heran, beberapa hari ke belakang, menurut Yudi, banyak hewan milik warga yang hilang tanpa sebab. Peristiwa kehila­ngan unggas peliharaan itu sudah terjadi sejak satu pekan terakhir.

“Ya memang hampir tiap hari ada saja peliharaan yang hilang, ada bebek sama ayam hilang tidak tahu ke mana. Memang sudah curiga sebelum­nya ada binatang buas,” terang Yudi.

Kini, ular berwarna coklat keemasan itu disimpan warga. Keranjang tersebut sengaja ditaruh di dekat saung tempat para pemuda sekitar bersantai. Alasannya, agar bisa menjadi bahan tontonan warga sekitar. (rp1/c)

Baca Juga