Beranda Olahraga Arena

Duel Terbesar Hamilton-Vettel

BERBAGI

SUZUKA–Dua pembalap yang sedang bertarung berebut gelar juara dunia Formula 1 2017 bakal berduel head-to-head, hari ini (8/10). Pemuncak klasemen, Lewis Hamilton (Mercedes) berhasil merebut pole position pada sesi kualifikasi GP Jepang di Sirkuit Suzuka kemarin sore. Sementara sang rival, Sebas­tian Vettel (Ferrari) bakal start dari posisi kedua

Sebenarnya, Ha­mil­ton bisa lebih diun­tungkan andai saja rekan satu timnya Valt­teri Bottas tak dijatuhi penalti turun lima grid karena mengganti girboks. Pada sesi kualifikasi, Bottas finis di posisi kedua. Sementara Vettel di posisi ketiga.

Tapi karena Bottas mundur lima grid, berarti hari ini, dia harus memulai balapan dari posisi ketujuh. Dengan demikian, Vettel naik dari urutan ketiga ke posisi kedua. Artinya, Hamilton dan Vettel bakal mengisi dua posisi start paling depan.

Tentu dengan posisi tersebut, peluang Vettel untuk berebut kemenangan di Suzuka bakal terbuka lebar. Melihat hasil balapan di GP Malaysia Minggu lalu, Ferrari sebenarnya punya pace balap lebih baik dari Mercedes.

Hamilton boleh meraih pole position di Sepang. Tapi di lap keempat posisinya sudah direbut bintang muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen dan menjuarai balapan terakhir GP Malaysia. Sementara Vettel yang start dari posisi buncit bisa finis keempat.

Vettel yakin Ferrari bisa menumbangkan Mercedes di Suzuka hari ini. ‘’Minggu lalu mereka (Mercedes) tidak terlalu cepat, tapi pekan ini sepertinya sudah kembali ke normal. Jadi saya memprediksi balapan besok (hari ini) akan sangat ketat, sangat cepat,’’ ucap Vettel seperti dilansir Motor­sport.

Pembalap Jerman itu menegas­kan, dalam kondisi normal, Ferrari lebih kuat ketimbang Mercedes. Meskipun dalam sesi kualifikasi, power mesin Mercedes belum bisa dikalah­kan. ‘’Jadi kita lihat besok (hari ini). Kami berharap bisa menda­pat­kan posisi terbaik setelah start,’’ tambahnya.

Hamilton meraih pole position pertamanya di Suzuka kemarin. Pole ke-10 sepanjang musim ini dan ke-71 sepanjang karirnya. Catatan waktunya 1 menit 27,319 detik memecahkan rekor yang sudah lebih satu dekade dipegang Michael Schumacher. Hamilton lebih cepat 1,7 detik dari rekor sebelumnya. ”Rasanya luar biasa bisa datang ke Suzuka dengan mobil ini. Jika bukan yang terhebat, mobil ini adalah salah satu yang terhebat,’’ bungah Hamilton dilansir Eurosport.

Selalu kesulitan menemukan keseimbangan mobil di Suzuka, juara dunia tiga kali Formula 1 tersebut mengaku baru kali pertama merasa sangat percaya diri dengan mobilnya akhir pekan ini. Sebelumnya, Hamil­ton sudah dua kali meraih pole di GP Jepang. Tapi ketika bala­pan berlangsung di Fuji.

Bottas finis kedua dengan selisih 0,332 detik di belakang Hamilton. Sementara Vettel di posisi ketiga dengan selisih 0,472 detik. Dua pembalap Red Bull bakal mengisi baris kedua start. Mereka adalah Daniel Ricciardo di tempat ketiga dan Max Verstappen di posisi keem­pat. Pada sesi kualfikasi kedua­nya finis di posisi 4-5 dengan selisih tipis 0,026 detik. Raikkonen yang start dari posisi keenam harus mundur lima grid karena mengganti girboks.

Posisi duo Red Bull ini juga bakal ikut memengaruhi perta­ru­­ngan perebutan juara pada balapan hari ini. Di Sepang, Verstappen bisa menang dengan dominasi tinggi. Setelah merebut posisi pimpinan lomba di lap keempat, pembalap Belanda tersebut mengendalikan lomba hingga finis.(cak)

Komentar Anda

Baca Juga