Beranda Berita Utama

Menteri Susi Ramaikan Pilkada Jabar

JAKARTA–Nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali muncul di bursa bakal calon Gubernur Jawa Barat. Kali ini, giliran PDIP yang disebut-sebut berpotensi mengusung tokoh masyarakat Pangandaran itu.

“Tak ada yang salah, bukan?” ujar Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno saat ditanya pewarta apakah Susi Pudjiastuti masuk dalam bidikan PDIP di Pilkada Jabar.
Dia mengatakan, PDIP masih melakukan penjaringan dan penyaringan kandidat. Sementara terkait Susi, tokoh-tokoh yang berada di Jabar, diakuinya masuk dalam radar partai pimpinan Megawati tersebut. “Masih tahap penjaringan dan penyaringan, beberapa tokoh masyarakat dari Jabar, tentu masuk radar kami,” kata Hendrawan.

Pengamat politik Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan menilai sosok Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti bisa menjadi opsi di luar tiga nama yang saat ini berkembang. Susi berpeluang besar diusung PDIP. “Tapi, kalau saya lihat PDIP punya peluang besar itu. Siapa tahu PDIP bisa merayu Ibu Susi untuk ke Jabar,” kata Asep kemarin.

Asep menilai sosok Susi merupakan tokoh perempuan yang layak ditawarkan ke masyarakat Jawa Barat. Dari sisi popularitas, Susi memiliki tingkat popularitas yang baik. Kemudian dari sisi kemampuan juga tidak perlu diragukan. Menurutnya, Susi adalah salah satu menteri di dalam Kabinet Kerja yang memiliki kinerja cukup baik.

“Ibu Susi tokoh perempuan menarik sekali (kalau maju). Menarik untuk ditawarkan. Ibu Susi memiliki pengalaman, jaringan, integritas. Kemudian dia juga asal Jawa Barat, kenapa enggak ditawarkan ke publik,” kata Asep.

Tinggal bagaimana partai-partai melakukan pendekatan kepada Susi agar mau bertarung di Pilgub Jabar.

Senada, pengamat politik Unpad Firman Manan menilai Menteri Susi bisa menjadi opsi pilihan bagi masyarakat Jawa Barat bila tertarik untuk maju di Pilgub Jabar. Karena secara popularitas, Menteri Susi memiliki popularitas yang baik.

Namun, sejauh ini Firman melihat belum ada ketertarikan dari Susi untuk maju di Pilgub Jabar. Pasalnya, belum ada satu statement yang muncul dari Susi terkait Pilgub Jabar 2018.

“Tapi kita lihat Ibu Susi belum punya ketertarikan. Bahkan statement soal Pilgub saja kita lihat belum ada,” ujarnya. Meski begitu, Firman menamb­ahkan, dalam politik segala ke­mungkinan bisa saja terjadi. Apalagi sampai saat ini semua partai masih menggodok nama pasangan yang nantinya diusung.

Tak hanya PDIP. Partai Demokrat pun menunggu sinyal Susi Pudjiastuti di Pilkada Jabar. Politisi partai berlambang Mercy, Dede Yusuf mengaku terus memantau perkembangan dinamika politik yang terjadi di Jawa Barat. Menurut dia, dinamika politik di Jabar terus berubah bahkan dalam hitungan menit. Sehingga ia tidak ingin gegabah dan tidak ingin masuk pada ranah DPP Demokrat. (ric/net)

Baca Juga