Beranda Olahraga Kickers

Imbang Lawan Peru, Argentina Terancam Gagal Lolos Pildun

BERBAGI
TERANCAM: Ekspresi Lionel Messi usai Argentina hanya bermain imbang tanpa gol melawan Peru.

BUENOS AIRES–Argentina gagal meraih poin penuh saat menjamu Peru dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di La Bombonera, Jumat (6/10) kemarin. Tim berjuluk Abiceleste ini terancam gagal terbang ke Rusia karena terlempar dari posisi lima besar klasemen sementara.

Artinya, mereka terlempar dari tiket play-off. Padahal laga Pra-Piala Dunia 2018 zona CONME­BOL tinggal menyisakan satu laga. Sebenarnya Argentina memi­liki poin sama dengan Peru yakni 25. Namun, Peru yang berhak berada di posisi ke-5 lantaran memiliki agresivitas lebih baik. Selisih gol memang sama, yakni 1. Tapi, Peru mampu mendulang 26 gol, sedangkan Argentina hanya mencetak 16 gol.

Seperti diketahui, penentuan posisi dalam peringkat ketika ada dua tim memiliki poin sama dan selisih gol yang sama pula, maka jumlah mencetak gol yang menjadi acuan. Dalam hal ini, Peru dan Argentina memiliki poin sama, yakni 25. Kemudian, selisih memasukkan dan kemasukan juga sama yakni satu gol. Kemudian baru diperhitu­ngkan jumlah memasukkan mereka. Peru mampu mema­suk­­kan 26 gol, dan Argentina hanya 16 gol. Peru yang berhak di atas Argen­tina.

Ha­sil tersebut mem­buat la­ng­kah Ar­gen­ti­na sema­­k­in berat. Mes­ki masih memiliki peluang untuk lolos -setidaknya meraih tiket play-off- Argentina juga harus menggantungkan nasibnya pada tim lain.

Pada laga terakhir Pra-Piala Dunia 2018, Argentina akan menghadapi laga berat melawan tuan rumah Ekuador (11/10). Ekuador sendiri sudah tak memiliki peluang untuk lolos.

Meski begitu, bermain di kandang sendiri, mereka tak akan mem­berikan kemenangan begitu saja kepada Argentina. Argentina harus menang di kandang Ekuador. Kemenangan akan membuat mereka lebih nyaman. Poin mereka akan menjadi 28.

”Saya masih yakin bahwa kami akan ke Piala Dunia. Hari ini pertandingan sangat bagus. Kami cuma gagal mencetak sebuah gol,” kata Sampaoli seperti dikutip Soccerway.

”Saya berharap dan gembira dengan apa yang akan datang. Tim ini tidak pernah menyerah, kerja keras, dan mendapatkan hasil yang lain,” tegas mantan pelatih Chile itu.(erp/jpc)

Komentar Anda