Beranda Pendidikan

E-Voting Pilih Ketua OSIS di MAN 5 Bogor

LEBIH EFISIEN: Para siswa tampak antusias saat memberikan suaranya secara online untuk memilih ketua OSIS baru mereka

BOGOR–Rutinitas Organi­sasi Intra Sekolah (OSIS) ada­lah pergantian kepemim­pinan. Pemilihan biasanya dilakukan dengan cara ma­nual, yaitu mencoblos atau men­contreng calon yang diajukan.  Nah, MAN 5 Bogor meng­gelar pemilihan ketua OSIS de­ngan meman­faat­kan perangkat teknologi, yaitu e-vo­ting atau pemilihan secara elektronik. Hal ini dila­­k­ukan sebagai inovasi dan kreati­vitas pengurus OSIS masa bakti 2016-2017 dengan didu­kung penuh oleh pihak sekolah.

Dari 800 jumlah pemilih yang terdata, hanya butuh waktu 2 jam hasilnya langsung dapat diketahui. Selain itu, kerahasiaan dalam memilih juga tetap terjaga.

Atas inovasi ini, Kepala Mad­rasah Asep Farhan pun mem­­berikan apresiasi seting­gi-tinggi­nya kepada seluruh jaja­ran pengurus OSIS dengan terseleng­garanya pemilihan ketua OSIS secara e-voting ini. “Saya senang anak-anak MAN 5 Bogor selang­kah lebih maju karena berhasil menye­leng­garakan pemilihan ketua OSIS dengan e-voting di masa jabatan saya yang baru bebe­rapa bulan ini,” katanya.

Pem­bina OSIS Ahmad Suaidi mengatakan, upaya ini dila­ku­kan untuk efisiensi waktu serta tepat guna. “Selain itu juga mem­berikan kesempatan kepada siswa untuk berinovasi dan terus melakukan perubahan da­lam setiap kegiatan,” ujarnya.

Akhirnya terpilihlah ananda Fathurrahman dan Dhea seba­gai ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2017-2018. Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Yusi berharap semoga cara ini dapat terus dilakukan di tahun beri­kut­nya dengan menu­tupi segala kekurangannya.(*/ami)

Baca Juga