Beranda Olahraga Kickers

Barcelona Pilih Primer League

BERBAGI
KEMUNGKINAN KE PREMIER LEAGUE: Pemain Barceloan melakukan sesi foto sebelum bertanding.

Barcelona masih dilema akibat konflik politik yang terjadi di Spanyol. Referendum kemerde­kaan yang diadakan beberapa hari lalu menjadi penentu Blaugrana ke depan­nya. Apakah tetap di La Liga atau mencari liga lainnya di negara tetangga.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengungkapkan liga yang akan dituju andai benar-benar keluar dari La Liga. Itu bakal terwu­jud dengan catatan Catalonia benar-benar sah merdeka dan memisahkan diri dari Spanyol.

Bartomeu mengungkapkan Pre­mier League menjadi tujuan Bar­celona andai Catalonia merdeka dan mereka keluar dari La Liga. Bahkan, seperti dilansir Mirror, dia telah melakukan kontak lewat telepon dengan Ketua Eksekutif Premier League, Richard Scudamore.

Seperti diketahui, Bartomeu telah mengonfirmasi bahwa Barcelona akan mempertimbangkan untuk bermain di luar Spanyol andai Catalonia benar-benar merdeka. Dari hasil referendum yang telah dilakukan, 90 persen menyatakan Catalonia merdeka. Meski, pemerin­tah Spanyol menyatakan referen­dum itu ilegal alias tak diakui.

Barcelona sendiri telah memutus­kan untuk mogok berlatih alias tak ada aktivitas klub pada Selasa (3/10). Direksi klub mengadakan pertemuan guna mempertim­bangkan masa depan Barcelona andai Catalonia benar-benar menjadi negara merdeka.

Bartomeu juga memberikan penjelasan terkait memainkan pertandingan pada Minggu (1/10) di Camp Nou tanpa penonton. “Kami memutuskan bahwa kami harus mengambil tindakan untuk menunjukkan kemarahan kami kepada dunia,” sebut Bartomeu.

“Ada banyak hal yang diperta­ruhkan dan kami memba­hasnya dengan berbagai departemen klub yakni direktur, ekse­kutif, pelatih, dan pemain,” im­buhnya.

“Saya harus mengatakan bahwa menggelar pertandingan tanpa penonton adalah salah satu keputu­san paling sulit yang pernah saya buat sebagai presiden Barce­lona. Kami sangat serius memper­tim­bangkan pilihan untuk menunda pertan­dingan, tapi usulan kami ditolak La Liga,” sebut Bartomeu.

Bartomeu juga memastikan klub telah menerima pengunduran diri Wakil Presiden Carles Vilarrubi. Itu tak lepas karena situasi yang memang semakin tidak menentu di Catalonia. “Kami ingin warga Cata­lonia juga dihormati terkait mengemukakan pendapat. Kami akan berdiri di samping perwakilan­nya yang sah. Kami sebagai orang Catalan memiliki hak agar pendapat kami didengarkan,” tegas Bartomeu.

Bentrokan di Catalonia terkait referendum memang telah mem­buat Bartomeu dan seluruh pihak di Barcelona marah. Menurut me­re­ka, itu menjadi kejahatan kem­anusiaan yang tak perlu terjadi. Barce­lona sendiri telah meng­am­bil langkah ke depan dengan risiko yang telah mereka pertimbangkan.(jpg)

Komentar Anda