Beranda Metropolis

Perbaikan Pipa, Distribusi Air 14 Ribu Pelanggan Terganggu

BERBAGI

BOGOR–Bagi 14 ribu pelanggan PDAM Tirta Pakuan yang berlokasi di zona 1 bersiap-siap untuk menampung air. Pasalnya, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor kembali akan melakukan perbaikan pipa AC diameter 18 inci yang bocor di daerah Kampung Babakan, Bojong Koneng, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Pengerjaan berlangsung pada hari ini (5/1) pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana mengatakan, perbaikan tersebut berpotensi menyebabkan gangguan pengaliran di zona layanan I. Di antaranya, Jalan Raya Ciawi–Sukabumi, Ciawi, Wangun, Tajur, Rulita, dan Kompleks Kehutanan Tajur. Berikutnya Jalan Muarasari, Ashari Jaya, Perumahan Mutiara Bogor Raya dan Griya Katulampa.

Ia menuturkan, perbaikan pipa transmisi jalur sumber mata air Tangkil tersebut bakal dimulai pukul 10.00 WIB dengan penggalian lubang di titik bocor. Penggalian diperkirakan selesai pada pukul 13.00 WIB. “Pada pukul 13.00 atau jika penggalian selesai, kami akan matikan pasokan air ke pelanggan untuk memudahkan perbaikan pipa. Kami perkirakan gangguan terjadi mulai sore hari. Seiring dengan penurunan level pada Reservoir Rancamaya,” kata Syaban.

PDAM, kata dia, akan berupaya maksimal mempercepat perbaikan pipa dan penanganan gangguan pada masa pemulihan pengaliran (recovery).
“Proses recovery butuh waktu beberapa hari, karena petugas harus membuang udara yang terjebak di dalam pipa.

Pasokan ke pelanggan akan normal, tergantung pada lokasi tempat tinggal pelanggan. Umumnya, daerah yang lebih rendah akan lebih dahulu mendapatkan pasokan air, sedangkan yang lebih tinggi akan lebih lama,” ucapnya.

Karenanya, dia mengimbau agar pelanggan di sejumlah titik tersebut untuk menampung air. Jika membutuhkan air bersih, pelanggan juga dapat menghubu­ngi call center PDAM Kota Bogor pada nomor (0251) 8324111 dan WA 08111182123.(rp1/*)

Komentar Anda