Beranda Berita Utama

HUT Ke-72, TNI Ajak ’’ Perang’’ Cucu Jenderal Sudirman

BERBAGI
GELADI RESIK: Sejumlah prajurit TNI dan kendaraan tempur bersiap mengikuti simulasi tempur laut saat geladi kotor persiapan HUT ke-70 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Selasa (3/10).Dery Ridwansah/ Jawa pos

BANTEN–Cucu Jenderal Besar Sudirman, Danang Priambodo Sudirman, akan tampil dalam pagelaran drama kolosal dalam upacara HUT ke-72 TNI di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10) mendatang. Danang akan berperan sebagai Jenderal Sudirman saat bergerilya melawan Belanda pada perte­ngahan Desember 1948 di Yogyakarta.

Pada drama tersebut, dikisahkan Belanda melancarkan Agresi Militer II untuk menduduki Yogyakarta. Saat pemimpin-pemimpin politik berlindung di Keraton Sultan, Sudirman, beserta sekelompok kecil tentara dan dokter pribadinya, melakukan perjalanan ke arah selatan dan memulai perlawanan gerilya selama tujuh bulan.

Awalnya, mereka diikuti oleh pasukan Belanda. Akan tetapi, Sudirman dan pasukannya berhasil kabur dan mendirikan markas sementara.TNI juga menggunakan pesawat EMB-314 Super Tukano yang seakan membombardir pasukan gerilya Sudirman.

Selain drama kolosal, perayaan HUT TNI juga diramaikan oleh pagelaran kesenian Debus dan Pencak Silat. Saat gladi bersih upacara HUT ke-72 kemarin, sebanyak 1.800 prajurit melakukan demonstrasi kesenian debus dan pencak silat.

Mereka menunjukkan keke­balan tubuh mereka dari sayatan benda tajam. Bahkan, ada seorang prajurit yang menusuk lidahnya menggunakan besi panjang, tanpa merasa kesakitan.

Seluruh prajurit tersebut berasal dari satuan Kopassus, Divisi I Kostrad, Kodam HI/Siliwangi, Korps Marinir, dan TNI AU.

Kemarin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga menggelar upacara dan tabur bunga di atas KRI dr. Soeharso-990. Upacara tersebut dimulai saat kapal tengah berlayar mengarungi Selat Sunda setelah bertolak dari Pelabuhan Merak, Banten.

Setelah prosesi upacara dilakukan, Panglima TNI melarungkan rangkaian bunga ke perairan Selat Sunda, diikuti dengan tabur bunga oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal Mulyono, Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi dan Kepala Staf TNI AU Marsekal Hadi Tjahjanto serta perwira tinggi Mabes TNI lainnya.

Gatot mengatakan, upacara tabur bunga di tengah laut itu merupakan simbol ziarah untuk mengenang para pahlawan yang gugur di laut.(ric/net)

Komentar Anda