Beranda Politik

Satukan Berbagai Elemen

BERBAGI
KOMPAK: Tarian tradisional ditampilkan dalam Kirab Kebangsaan Indonesia Raya di alun-alun Jonggol.

BOGOR–Kirab Kebangsaan Indonesia Raya kembali dilakukan Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Bogor. Bersama lintas komunitas, or­ga­nisasi budaya, dan agama, kegiatan diseleng­garakan di alun-alun Kecamatan Jonggol, Minggu (1/10). Acara tersebut sekaligus mera­yakan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Ketua DPC TMP Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mengatakan, kegiatan meru­pakan wadah untuk menun­jukkan majemuknya Indonesia sebagai bangsa.
Kegiatan yang menampilkan kekhasan Indonesia dari ber­bagai suku bangsa ini juga men­jadi ajang untuk saling mengapersiasi seni budaya satu sama lain.

“Apresiasi terhadap seni dan budaya merupakan hal penting dalam merawat kebhinekaan, menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air dan rasa persa­tuan,” ujarnya kepada Radar Bogor dalam kegiatan yang bertema Warna Warni Kebera­gaman Pemuda Indonesia itu.

Bakal calon bupati Bogor dari PDIP itu menambahkan, per­satuan merupakan modal penting dalam mewujudkan pem­bangunan yang dicita-cita­kan bersama. Peranan pemuda dalam menjaga persatuan sangat dibutuhkan.

Sehingga semangat persatuan tersebut menjadi dasar sebagai satu bangsa, satu tanah air dan menghargai bahasa persatuan bahasa In­donesia yang diaba­dikan dalam teks sumpah pemuda. Karena menurutnya, sepanjang sejarah akan ada banyak pihak yang berusaha memecah belah bagsa yang pada akhirnya mengancam keutuhan bangsa.

Ketua Umum TMP, Marauarar Sirait meminta masyarakat berhati-hati dengan pihak yang ingin menawarkan ideologi bernegara selain Pancasila. Menurutnya, belakangan ini banyak pihak yang berusaha melakukan infiltrasi ideologi yang berpotensi memecah belah anak bangsa. Camat Jonggol, Beben Suhendar mengungkapkan, ba­nyaknya peserta yang hadir menunjukkan komitmen kokoh terhadap Pancasila.(rp2/b)

Komentar Anda

Baca Juga