Beranda Politik

Hari Ini, Pendaftaran Parpol DimulaiHari Ini, Pendaftaran Parpol Dimulai

BERBAGI

BOGOR-KPU mulai disibukkan dengan tahapan pemilihan umum yang dimulai dengan persiapan verifikasi partai politik. Sosialisasi pendaftaran pun terus dilakukan. “Sosialisasi penting agar ada penyamaan persepsi kriteria terhadap parpol baru maupun lama untuk menjadi peserta Pemilu 2019,” ujar Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, kemarin (2/10).

Menurutnya, tahun ini ada perubahan untuk Kota Bogor. Dengan jumlah penduduk 1,512 juta jiwa, otomatis jumlah anggota DPRD bertambah menjadi 50 kursi. “Ada tambahan lima kursi dari saat ini yang hanya berjumlah 45 kursi DPRD,” terangnya.

Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna menjelaskan, saat ini jumlah parpol yang sudah dilaporkan KPU sebanyak 12 ditambah tiga partai baru seperti Partai Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sedangkan, terkait persiapan anggaran yang telah disetujui Pemkot Bogor sebesar Rp37,9 miliar. “Jumlah itu mencakup persiapan kebutuhan empat pasangan calon dari parpol dan tiga pasangan calon dari independen. Untuk Pilgub Jabar, Rp12 miliar yang sudah disetujui merupakan anggaran dari provinsi,” terangnya.

KPU Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti menam­bah­kan, pendaftaran partai sendiri akan dimulai serentak mulai Selasa (3/10) oleh partai tingkat nasional ke KPU RI. “Untuk hasil rapat, saat ini masih terus berlangsung, kami persiapkan untuk tahapan besok (hari ini, red),” pungkasnya.(ded/c)

Baca Juga